11 Tips Sederhana untuk membuat Iklan yang efektif

apa yang akan membuat calon pelanggan membeli produk atau layanan perusahaan anda dibandingkan beralih ke salah satu pesaing Anda? Itulah yang harus Anda pahami dan fokuskan pada iklan Anda.

Aug 13, 2024 13:33 · 2 bulan lalu
 66
11 Tips Sederhana untuk membuat Iklan yang efektif
11 Tips Beriklan yang efektif

INFO BAIK |  Penting bagi pemilik bisnis untuk memahami dasar-dasar penulisan iklan yang baik. Semua bisnis butuh promosi. kami telah melihat ribuan dan jutaan dolar terbuang sia-sia untuk iklan yang tidak efektif, buruk, atau benar-benar buruk—dan kami ingin menyelamatkan anda dari perasaan seperti itu. namun yang utama adalah kemampuan anda mengembangkan bisnis dan periklanan yang efektif dalam segala bentuknya sangatlah penting.

Bagaimanapun, anda membutuhkan pelanggan baru karena tanpa mereka bisnis anda akan gagal. Kabar baiknya adalah bahwa prinsip-prinsip inti tentang cara membuat iklan yang tepat berlaku untuk hampir semua hal yang ingin anda gunakan sebagai alat promosi.

Ini termasuk, tetapi tidak terbatas hanya pada:

  1. Brosur
  2. Surel
  3. Selebaran dan surat-surat lainnya serta selebaran
  4. Iklan majalah dan surat kabar
  5. Iklan daring (display, dll.)
  6. Kartu pos
  7. Situs web, termasuk yang digunakan untuk periklanan online
  8. Dan masih banyak lagi.

Mungkin diperlukan sedikit percobaan dan kesalahan (pengujian) untuk membuat iklan atau kampanye iklan yang benar-benar berhasil, tetapi mengikuti 11 Tips yang telah teruji dan benar ini dapat membantu Anda memperoleh hasil yang Anda harapkan.

1. Apa yang Membuat Anda Menonjol Dibandingkan Pesaing Anda?

Orang-orang senantiasa berhadapan dengan iklan dari semua jenis bisnis.

Jadi, apa yang akan membuat calon pelanggan membeli produk atau layanan perusahaan Anda dibandingkan beralih ke salah satu pesaing Anda? Itulah yang harus Anda pahami dan fokuskan pada iklan Anda. Tunjukkan kepada calon pelanggan mengapa bisnis Anda adalah pilihan utama mereka dan mengapa mereka tidak boleh mempertimbangkan pesaing Anda. Dengan begitu, ada kemungkinan besar mereka tidak akan mempertimbangkannya.

Apa yang saya bicarakan di sini secara umum disebut dalam dunia pemasaran sebagai “Unique Selling Proposition" (Proposisi Penjualan Yang Unik) Dalam buku bagusnya Reality in Advertising , penulis Rosser Reeves mendefinisikan apa itu USP:

  1. Setiap iklan harus menawarkan sesuatu kepada konsumen, bukan hanya sekadar kata-kata, bualan produk, atau iklan etalase. Setiap iklan harus mengatakan kepada setiap pembaca: "Beli produk ini, untuk manfaat khusus ini."
  2. Proposisi tersebut harus merupakan sesuatu yang tidak dapat atau tidak ditawarkan oleh pesaing. Proposisi tersebut harus unik, baik dalam hal merek atau klaim yang tidak dibuat oleh area periklanan tertentu lainnya.
  3. Proposisi tersebut harus cukup kuat untuk menggerakkan massa, yaitu menarik pelanggan baru maupun pelanggan potensial.

Berikut adalah beberapa contoh produk bagus dengan USP yang jelas dari Wikipedia:

  • Head & Shoulders: “Anda menghilangkan ketombe”
  • Anacin “Pereda yang cepat, cepat, dan luar biasa cepat”
  • Domino's Pizza: “Anda mendapatkan pizza segar dan panas yang diantar ke rumah Anda dalam waktu 30 menit atau kurang-atau gratis.”
  • FedEx: “Ketika paket Anda benar-benar harus sampai di sana dalam semalam.”
  • M&M: “Lumer di mulut, bukan di tangan.”
  • Kehidupan Metropolitan: “Bertemu, Itu Menguntungkan.”
  • Southwest Airlines: “Kami adalah maskapai penerbangan berbiaya rendah.”

Masih banyak lagi contohnya.

Tujuannya di sini adalah untuk membantu Anda mengembangkan USP anda sendiri.

Apa yang membuat Anda berbeda? Unik? Apa yang Anda miliki yang tidak dimiliki orang lain? Inilah hal yang Anda cari.

Satu hal lagi yang perlu diingat adalah Anda tidak harus menjadi satu-satunya orang yang melakukan sesuatu atau mengirimkan suatu produk untuk memasukkannya ke dalam USP Anda. Bisa saja itu adalah sesuatu yang dilakukan orang lain, tetapi tidak ada orang lain yang benar-benar mempromosikannya.

2. Gunakan Judul yang Kuat: Tarik Perhatian Mereka.

Orang-orang memindai sesuatu dengan cepat. Mereka berhadapan dengan begitu banyak iklan setiap hari sehingga mereka tidak mungkin membaca satu per satu. Inilah sebabnya mengapa Anda harus memastikan bahwa iklan Anda benar-benar menarik dan mempertahankan perhatian mereka.

Anda melakukannya dengan judul yang efektif.

Tokoh periklanan terhebat sepanjang sejarah, David Ogilvy, berkata, "Rata-rata, jumlah orang yang membaca judul berita lima kali lebih banyak daripada yang membaca isi berita. Saat Anda menulis judul berita, Anda telah menghabiskan delapan puluh sen dari setiap dolar yang Anda keluarkan."

Pertanyaan yang perlu Anda ajukan adalah "Siapa yang ingin Anda tarik perhatiannya? Apa yang akan menarik perhatian mereka?"

Judul berita yang bagus hadir dalam berbagai bentuk.

David Ogilvy sendiri pernah mengatakan bahwa ia akan menulis sebuah iklan dalam waktu tiga jam dan kemudian membutuhkan waktu tiga minggu untuk menghasilkan judulnya.

Beberapa judul berita memiliki nilai berita, seperti peluncuran layanan atau produk baru. Yang lainnya memiliki manfaat yang sangat kuat. Sebagian besar bersifat spesifik, bukan umum, dalam fakta-faktanya. Yang lainnya menggunakan sudut pandang negatif (seperti "mengurangi biaya" dan bukan "meningkatkan laba").

3. Berikan Mereka Penawaran yang Tidak Bisa Mereka Tolak!

Konsumen menyukai tawaran menarik. Jadi, cobalah untuk memberikan penawaran yang bagus agar mereka kembali lagi kepada anda.

Baik anda menawarkan harga yang tidak ada duanya, uji coba gratis, pengiriman gratis, atau paket lengkap, memberikan penawaran yang menguntungkan kepada pelanggan akan membantu anda meraih kesuksesan.

Setelah Anda mengajukan penawaran yang menarik, pastikan anda mengiklankannya dengan bangga. Saat orang melihat bahwa Anda memiliki sesuatu yang hebat untuk ditawarkan, mereka akan kesulitan menolaknya.

Dalam menentukan berapa banyak yang dapat Anda belanjakan untuk produk atau layanan pendahuluan, pertimbangkan Customer Lifetime Value --Nilai Seumur Hidup Klien (CLV) secara keseluruhan, jumlah manfaat yang akan diperoleh klien bagi perusahaan dari waktu ke waktu, untuk firma anda.

4. Bicarakan tentang Manfaatnya – Apa Keuntungannya Bagi Mereka!

Menjelaskan fitur produk atau layanan Anda memang penting, tetapi menjelaskan manfaat bagi pelanggan adalah inti dari semuanya. Lagi pula, orang lebih tertarik pada apa yang mereka dapatkan dari layanan Anda daripada apa yang Anda lakukan. Masuk akal, bukan?

Ini tidak rumit. Berikut ini yang harus Anda lakukan untuk mengetahuinya:

  1. Buat daftar semua layanan (atau produk) Anda.
  2. Untuk masing-masingnya, daftarkan semua hal yang dilakukan layanan (fitur) tersebut.
  3. Kemudian, buatlah daftar selanjutnya tentang apa hasil dari setiap fitur – manfaat bagi klien.

Misalnya, katakanlah Anda adalah seorang akuntan pajak. Salah satu fitur layanan Anda adalah Anda memiliki situs web tempat klien dapat masuk dan mengakses dokumen pajak mereka 24/7. Manfaat besarnya adalah menghemat waktu dan ketidaknyamanan bagi pelanggan.

5. Sampaikan Berita Anda: Buat Advertorial!

Kamus Webster mengatakan bahwa "advertorial" adalah "iklan yang meniru format editorial." Dengan kata lain, ini adalah iklan yang terlihat seperti artikel berita!

Inilah mengapa hal ini penting.

Orang tujuh kali lebih mungkin membaca artikel berita daripada iklan.

Orang-orang akan terus menerus melihat iklan sepanjang hari. Tidak ada insentif bagi mereka untuk membaca iklan Anda jika Anda tidak menawarkan lebih dari yang ditawarkan orang lain.

Membuat iklan yang efektif, menarik perhatian, dan menyediakan banyak informasi tidak selalu mudah. ​​Namun, advertorial dapat mencapainya karena iklan tersebut lebih mungkin diklik dan dibaca.

Jenis iklan ini mendorong pembaca untuk tertarik pada perusahaan Anda karena berisi lebih banyak informasi. Pembaca ingin membaca lebih banyak setelah mereka menyadari bahwa artikel tersebut tidak hanya mengiklankan bisnis Anda, tetapi juga membantu mereka. Misalnya, iklan tersebut dapat memberi mereka banyak saran, kiat, dan informasi serta bagaimana perusahaan dan produk Anda dapat membantu mereka.

Contoh terbaik yang terlintas dalam pikiran adalah iklan yang dimuat di Wall Street Journal lebih dari 60 tahun yang lalu. Iklan tersebut dimuat dengan tajuk utama "Apa yang Harus Diketahui Semua Orang Tentang Bisnis Saham dan Obligasi Ini" dan memuat 6.540 kata! Iklan tersebut disajikan dalam format advertorial dan menghasilkan 10.000 pertanyaan dalam satu hari.

6. Singkirkan Ketakutan Mereka: Buatlah Penawaran Anda Se-bebas Risiko Mungkin!

Orang-orang merasa khawatir untuk menghabiskan uang mereka. Terlalu banyak penipu dan produk berkualitas rendah di luar sana. Orang-orang khawatir bahwa mereka akan membuang-buang uang hasil jerih payah mereka untuk membeli banyak produk dan layanan.

Jika orang takut akan kehilangan uang dan menyesali pembelian mereka, kecil kemungkinan mereka akan membeli produk Anda. Namun, jika Anda menghilangkan keraguan ini, orang akan terdorong untuk mencoba produk atau layanan Anda.

Jadi, menawarkan jaminan bebas risiko merupakan ide yang bagus. Mengetahui bahwa tidak ada risiko dan bahwa mereka tidak akan kehilangan apa pun dengan membeli produk atau layanan Anda merupakan dorongan pembelian yang kuat. Ini akan "membalikkan" risiko dan menempatkan sebagian risiko pada penjual. Ini disebut "pembalikan risiko".

Jika calon pelanggan tahu bahwa mereka bisa mendapatkan uang mereka kembali jika tidak puas, mereka tidak akan terlalu khawatir membuang-buang uang dan akan lebih cenderung mencobanya.

Ditambah lagi, banyak orang langsung merasa lebih yakin terhadap suatu produk jika perusahaan bersedia mendukungnya. Ini menunjukkan bahwa produk Anda berharga dan Anda tidak takut untuk mendukungnya dengan jaminan bebas risiko.

Point pentingnya adalah, berikan garansi dari apa yang akan mereka dapatkan bila menggunakan produk anda. 

7. “Ajakan Bertindak” dan Meminta Mereka untuk Membeli atau Tidak.

Jangan hanya memberi tahu calon pelanggan tentang apa yang ditawarkan perusahaan Anda. Dorong mereka untuk mengambil tindakan. Beri tahu mereka secara langsung untuk mengeklik iklan Anda, memesan produk Anda, membayar layanan Anda, dan lain lain.

Misalnya, "ajakan bertindak" Anda dapat mendorong orang untuk mengirim email kepada Anda guna memperoleh informasi lebih lanjut, mengisi formulir untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan Anda, bergabung dengan buletin email mingguan atau bulanan Anda, atau membeli produk atau layanan Anda. Bahkan, ajakan tersebut dapat mengarahkan pengguna untuk mengeklik iklan Anda guna membawa mereka ke situs web Anda, bukan sekadar melihat iklan tersebut.

Anda perlu menggunakan kata-kata yang menarik dan bahasa yang persuasif untuk memberikan dorongan ekstra.

8. Buatlah Tampak Mendesak, Beri Mereka Alasan untuk Membeli SEKARANG!

Anda tidak ingin sekadar menanam benih lewat iklan Anda, Anda ingin orang-orang terus maju dan melakukan sesuatu terkait penawaran Anda SEKARANG.

Ketika orang melihat iklan dan berpikir untuk mencoba suatu perusahaan nanti, mereka mungkin benar-benar berniat melakukannya. Namun, orang-orang lebih sering melanjutkan hidup mereka dan melupakan iklan dan produk yang mungkin mereka minati. Oleh karena itu, Anda harus mendorong orang untuk bertindak sekarang daripada nanti.

Anda dapat menciptakan urgensi ini dengan sejumlah cara.

Misalnya, Anda dapat membuat penawaran yang menarik dengan batas waktu. Jika orang melihat bahwa mereka hanya memiliki waktu yang terbatas, seperti beberapa jam atau beberapa hari, untuk mendapatkan penawaran yang tak terlupakan yang sudah membuat mereka bersemangat, mereka akan lebih cenderung untuk mengambil tindakan sekarang daripada nanti. Banyak orang berasumsi bahwa mereka akan bisa mendapatkan penawaran yang sama nanti. Namun, jika mereka tahu bahwa mereka tidak bisa, mereka akan lebih cenderung untuk mengambil penawaran tersebut sekarang.

Itu bukan satu-satunya cara untuk menciptakan rasa urgensi. Anda juga dapat menghadirkan musim atau acara mendatang saat produk Anda akan berguna untuk membuat orang membeli sekarang.

Terlepas dari bagaimana Anda memilih untuk melakukannya, penting untuk memberi tahu klien potensial Anda bahwa SEKARANG adalah saatnya untuk mengambil tindakan.

9. Gunakan Testimonial

Salah satu bagian terpenting dalam membuat iklan yang efektif adalah membangun kepercayaan dan minat terhadap perusahaan Anda.

Ingatlah bahwa orang-orang memiliki banyak kekhawatiran akhir-akhir ini, terutama saat mereka online. Penting untuk membangun kepercayaan pada bisnis Anda, produk dan layanannya sehingga mereka tahu bahwa perusahaan Anda adalah pilihan yang tepat. Anda dapat melakukannya dengan menunjukkan bahwa orang lain di masa lalu merasa senang dengan keputusan mereka untuk membeli dari atau bekerja sama dengan Anda.

Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menambahkan satu atau dua testimoni pada iklan Anda dari mereka yang merasa puas dengan perusahaan dan produk Anda.

Saat ini, banyak sekali orang mengandalkan ulasan daring saat berbelanja bisnis, produk, dan layanan baru.

Orang-orang memercayai konsumen lain dan ingin tahu apa yang mereka katakan tentang suatu perusahaan. Anda tidak dapat membuat orang mencari ulasan daring tentang bisnis Anda, tetapi Anda dapat memberi mereka ketenangan pikiran yang sama dengan menambahkan testimoni dari klien saat ini yang senang dengan apa yang Anda tawarkan. Melihat bahwa konsumen lain yang sama seperti mereka, senang dengan produk Anda dapat mendorong calon klien untuk mencoba Anda.

10. Gunakan Grafik yang Menarik

Manusia itu bersifat visual.

Teks polos pada latar belakang polos bisa membosankan. Orang tidak selalu ingin membaca semua yang tertulis dalam iklan atau artikel.

Anda dapat menarik minat visual klien Anda dengan menambahkan grafis menarik pada iklan Anda.

Misalnya, Anda dapat mengunggah gambar tentang apa yang Anda tawarkan, atau Anda dapat mengunggah sesuatu yang akan menarik perhatian. Anda dapat mengambil gambar sendiri, atau Anda dapat mencari gambar bebas royalti dan tanpa biaya secara daring. Apa pun itu, menambahkan sesuatu yang visual akan membantu menarik lebih banyak perhatian dan minat terhadap perusahaan Anda.

11. Informasi Kontak Lengkap

Anda tidak akan percaya berapa kali saya melihat iklan, seringkali iklan majalah mahal, poster, papan reklame, dll. tanpa informasi kontak perusahaan yang jelas.

Jangan membuat kesalahan ini.

Anda telah memberi tahu mereka apa yang Anda jual, sekarang beri tahu mereka di mana membelinya. Hal lain hanya membuang-buang uang.

Anda harus menggunakan iklan untuk menghubungkan orang ke situs web Anda guna memperoleh informasi lebih lanjut sebagai bagian dari informasi kontak. Hal ini penting karena beberapa alasan.

Pertama, jika orang mengunjungi situs Anda dan terkesan dengannya, Anda memiliki peluang lebih baik untuk mengubah mereka menjadi klien nyata.

Kedua, Anda dapat melacak kinerja iklan dan prospek yang dihasilkan di situs web untuk mendapatkan gambaran tentang seberapa baik kampanye Anda berjalan. Jadi, jika Anda tidak mencapai hasil yang Anda cari, Anda akan tahu di mana Anda perlu melakukan perubahan.

nah, itu dia 11 tips untuk  membuat iklan yang efektif. Ingatlah bahwa Anda harus selalu memberikan lebih dari yang diharapkan ketika menyangkut pelanggan Anda.

Membuat iklan yang efektif itu bagus, tetapi iklan Anda tidak akan membawa hasil jika Anda tidak membuat pelanggan senang. Oleh karena itu, Anda harus fokus untuk memberikan semua pelanggan Anda pengalaman terbaik yang Anda bisa.

Jika Anda selalu memberikan lebih dari yang mereka harapkan, Anda tidak perlu khawatir akan kekecewaan siapa pun. Dengan begitu, klien Anda akan kembali lagi dan lagi dan mereka akan lebih mungkin menceritakan tentang perusahaan Anda kepada teman-teman mereka.

Buat Bisnis usahamu menonjol.

Ke-11 tips untuk membuat iklan yang efektif ini dapat membantu promosi Anda lebih unggul dibandingkan pesaing Anda. Anda akan dapat membuat iklan yang menarik perhatian yang akan membuat orang tertarik dengan apa yang Anda tawarkan. Itu akan membantu meningkatkan rasio konversi Anda dalam mengubah prospek menjadi pelanggan nyata.

Periklanan itu penting dan periklanan yang baik akan membantu perusahaan Anda berhasil. jangan ragu untuk menghubungi tim Info Baik Media bila masih ada pertanyaan mengenai iklan yang ingin anda ketahui.

Selamat mencoba.