Cara Menulis Advertorial yang Kuat dan Menjual

Iklan advertorial telah teruji oleh waktu. Di dunia digital, iklan native merupakan pintu gerbang menuju konten iklan advertorial dan salah satu format teratas yang digunakan pemasar untuk beriklan di web terbuka.

Aug 13, 2024 11:51 · 2 bulan lalu
 70
Cara Menulis Advertorial yang Kuat dan Menjual

INFO BAIK |  Media berita tradisional biasanya dibagi menjadi dua bagian: editorial dan periklanan.

Bagian editorial menyediakan berita dan informasi. Bagian periklanan menyediakan iklan (yang kebetulan, mendukung biaya operasional situs atau perusahaan media).

Jika konsep editorial dan periklanan bersatu, apa yang Anda dapatkan? jawabannya adalah ADVERTORIAL

Advertorial pertama kali muncul lebih dari 100 tahun yang lalu, di majalah cetak, surat kabar, dan terbitan berkala. Anggaplah advertorial sebagai "iklan yang dikemas sebagai konten editorial."

Kita semua pernah membaca advertorial sebelumnya. Advertorial terlihat dan terasa seperti konten informatif atau menghibur, tetapi tujuannya adalah untuk mempromosikan merek atau produk.

Iklan advertorial telah teruji oleh waktu. Di dunia digital, iklan native merupakan pintu gerbang menuju konten iklan advertorial dan salah satu format teratas yang digunakan pemasar untuk beriklan di web terbuka.

Iklan native – dan advertorial – bekerja dengan sangat baik karena sesuai dengan tampilan dan nuansa media tempat iklan tersebut muncul. Di majalah, advertorial tampak seperti artikel. Di web, iklan native tampak seperti tautan menarik lainnya untuk diklik dan konten untuk ditemukan. Iklan native tidak mengganggu seperti iklan biasa; iklan tersebut mengalir dalam pengalaman membaca atau menonton, dan konsumen cenderung berinteraksi lebih alami dengan iklan tersebut.

Karena alasan ini, iklan asli cenderung berkinerja lebih baik daripada iklan display standar , dengan lalu lintas berkualitas lebih tinggi, rasio klik-tayang lebih tinggi, dan efektivitas yang lebih baik di perangkat seluler.

 

Komponen Utama Advertorial yang Efektif

Inti dari advertorial adalah gaya artikel editorial atau jurnalistik. Meskipun artikel sudah selesai saat Anda sampai di bagian akhir, advertorial asli di web akan selalu mengarah ke langkah berikutnya: halaman arahan yang menampilkan penawaran, seperti "Beli produk" atau "Daftar untuk mendapatkan kupon." Dengan menempatkan konten advertorial sebelum halaman arahan atau halaman penawaran, Anda dapat memanfaatkan pola pikir aktif pembaca, dan memberikan nilai tambah yang akan menggoda mereka untuk mengeklik ke halaman arahan dan melakukan konversi.

Mari kita jelajahi komponen-komponen yang membentuk pengalaman advertorial:

1. Penawaran halaman arahan

  • Halaman arahan Anda harus berfokus pada satu hasil, tanpa bilah navigasi atau tautan ke akun sosial. Satu-satunya pilihan pengunjung adalah melanjutkan tindakan yang diinginkan.
  • Semua konten (gambar/teks tertulis) pada halaman harus memberikan nilai kepada pengunjung dan mendukung tindakan yang Anda inginkan agar mereka ambil terkait penawaran Anda.
  • Jadikan konten Anda mudah dipindai dengan daftar tebal, miring, dan berpoin untuk menyorot poin-poin penting. Pengunjung yang tidak membaca setiap kata tetap bisa mendapatkan informasi yang cukup untuk memancing konversi.

2. CTA (Call-To-Action / Ajakan Bertindak)

  • Buatlah CTA yang berorientasi pada tindakan dan atasi keberatan tertentu . Hindari CTA generik, seperti "Daftar" atau "Bayar sekarang", karena CTA ini cenderung diabaikan dan diabaikan begitu saja.
  • Pastikan tombol CTA Anda tidak dapat diabaikan, gunakan warna yang kontras dan diulang pada berbagai kedalaman gulir. 

3. Formulir yang mudah digunakan

  • Jika halaman arahan Anda menyertakan formulir, pastikan formulir tersebut cepat dan mudah diisi. Mintalah hanya informasi yang diperlukan dan terapkan fungsi pelengkapan otomatis.
  • Pertimbangkan untuk menggunakan formulir bergaya kuis atau pertanyaan untuk memberikan alur yang lebih alami. Ini juga memungkinkan Anda untuk mempersonalisasi pertanyaan, membuat pengguna merasa bahwa Anda memenuhi kebutuhan mereka.

4. Bukti sosial / Testimoni Pelanggan

  • Sertakan satu atau beberapa elemen bukti sosial pada halaman untuk meningkatkan kepercayaan. Misalnya, testimoni pelanggan, ulasan, logo, stempel kepercayaan, dan fitur media yang diperoleh (misalnya "Seperti yang terlihat di") adalah contoh bukti sosial yang baik.

5. Halaman Terima Kasih:

  • Setelah pembaca (semoga!) berkonversi, biasanya akan ditampilkan halaman "terima kasih" atau pesan terima kasih pop-up. Manfaatkan aset ini untuk menjaga interaksi tetap berjalan bahkan setelah konversi. Misalnya, berikan tautan ke konten lain yang mungkin menarik bagi mereka, atau tampilkan penawaran lain atau halaman produk serupa.

 

Cara Menulis Advertorial yang Kuat: Naskahnya

Pada akhirnya, tugas advertorial bukan hanya memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pembaca. Tujuannya adalah untuk melibatkan audiens dan mendorong mereka untuk melakukan konversi, baik itu membeli produk, mengunduh e-book, menonton video, atau mengisi formulir.

Iklan asli dan advertorial harus menarik perhatian audiens, memikat perhatian mereka, dan mendorong tindakan yang mengarah pada konversi dan penjualan.

Ini tidak selalu mudah dilakukan. tulah sebabnya kami membuat 'naskah' tentang cara membuat advertorial yang hebat. Meskipun tidak ada satu rumus tunggal untuk mencapai kesuksesan, panduan di bawah ini akan mempermudah Anda.

1. Tekankan masalahnya

  • Soroti masalah yang dipecahkan oleh produk Anda. Misalnya, katakanlah masalahnya adalah penambahan berat badan: "Prospek ingin menurunkan berat badan."
  • Atasi masalah utama: Bagaimana masalah tersebut memengaruhi prospek? Tentukan "masalah" dan kekhawatiran yang ditimbulkannya. Misalnya, masalah kesehatan, harga diri rendah, atau tidak mampu membeli pakaian bagus.

2. Hadirkan solusinya

  • Perkenalkan solusi ideal tanpa menyebutkan produk Anda secara langsung. Ajukan skenario hipotetis: "Bagaimana jika ada cara untuk menurunkan berat badan tanpa...?"

3. Perkenalkan merek Anda

  • Sebutkan secara singkat perusahaan atau merek Anda. Bagikan kisah, teknologi, misi, dan/atau visi Anda.

4. Tinjau alternatifnya

  • Akui persaingan dan diskusikan alternatif. Tunjukkan apa yang membuat Anda berbeda – mungkin melalui tabel perbandingan atau USP (Unique Selling Proposition).

5. Perkenalkan penawaran Anda:

  • Sekarang, terakhir, perkenalkan produk Anda. Soroti keunggulan dan fitur uniknya dibandingkan produk lain. Apa yang membuat Anda istimewa? Apa USP Anda?

6. Mendorong pengguna untuk bertindak:

  • Akhiri dengan ajakan bertindak (CTA) yang jelas dan kuat. Pandu calon pelanggan tentang langkah apa yang harus diambil selanjutnya. Misalnya: "Pilih berat badan yang Anda inginkan dan dapatkan sampel gratis."

 

Prompt GPT Obrolan untuk Membuat Advertorial yang Hebat

Jika Anda ingin menghemat waktu dan membuat advertorial menggunakan Chat GPT, kami telah mengembangkan petunjuk berikut untuk membantu Anda. Cobalah!

Tolong tulis advertorial tentang produk yang menyelesaikan masalah: {issue} 

• Panjangnya harus minimal 700 kata dan terdiri dari minimal 6 paragraf. Nama produknya adalah – {nama produk}, tetapi jangan perkenalkan produk tersebut sebelum Anda membahas alternatifnya.” 

• Bahas bagaimana isu ini memengaruhi pembaca advertorial karena {Poin permasalahan}. 

• Jelaskan apa yang akan menjadi {Resep} untuk masalah ini, yang berpotensi membantu menghemat pemborosan sumber daya pembaca. 

• Putar untuk mendeskripsikan pencipta produk yang: {Latar belakang pencipta produk / perusahaan}, • Lalu pindah untuk mendeskripsikan alternatif seperti: {Produk pesaing}. 

• Untuk pertama kalinya, bahas {nama produk} dan uraikan kelebihan produk tersebut dibandingkan alternatif yang disebutkan sebelumnya karena {Posisi – keunggulan produk}. 

• Akhiri dengan ajakan bertindak yang kuat terkait dengan {Promosi / Penawaran} yang memberi tahu pembaca apa yang harus dilakukan selanjutnya.

 

Advertorial: Iklan dengan Nilai Tambah

Ingat, memahami audiens Anda dan memberikan nilai adalah landasan strategi advertorial yang efektif. Sekarang, lanjutkan dan gunakan skrip dan perintah ChatGPT di atas untuk membuat advertorial menarik yang tidak hanya terlihat dan terdengar hebat bagi audiens Anda, tetapi juga laku keras. bila anda masih ingin berdiskusi mengenai hal ini, tim Info Baik Media memiliki waktu yang banyak untuk menerima konsultasi mengenai dunia advertorial. jangan segan untuk menghubungi kami.