Cara mendesain iklan banner

Desain yang bagus sangat penting untuk membuat iklan banner yang akan diklik orang. Panduan singkat ini akan memandu Anda melalui proses perencanaan dan kerja yang diperlukan untuk mendesain iklan display yang luar biasa.

Apr 21, 2024 08:00 · 6 bulan lalu
 176
Cara mendesain iklan banner
ilustrasi designer

INFOBAIK.ID I Desain yang bagus sangat penting untuk membuat iklan banner yang akan diklik orang. Panduan singkat ini akan memandu Anda melalui proses perencanaan dan kerja yang diperlukan untuk mendesain iklan display yang luar biasa.

Desain iklan banner yang efektif

Untuk mendesain iklan banner, Anda perlu melihat alur kerja sebagai keseluruhan proses. Proses kampanye iklan banner yang sukses dimulai dari perencanaan kampanye dan iklan banner dan berakhir pada penutupan penjualan atau tujuan keseluruhan yang diinginkan dari iklan banner. Mengetahui cara mendesain iklan banner hanyalah salah satu komponen untuk membuat kampanye iklan banner yang efektif. Elemen lain seperti penempatan dan pembuatan halaman arahan yang efektif juga penting.  

Merencanakan iklan banner Anda

Kita semua pernah mendengar klise gagal merencanakan, berencana untuk gagal , bukan? Klise ini khususnya berlaku saat mendesain iklan banner. Anda harus meluangkan waktu setidaknya sebanyak waktu yang Anda luangkan untuk merencanakan kampanye iklan banner seperti saat Anda benar-benar mendesain banner. Perencanaan akan membantu Anda membentuk tujuan, sasaran, dan ide konkret yang akan menghasilkan kampanye iklan banner yang lebih baik, rasio klik-tayang yang lebih tinggi, dan penjualan yang lebih baik. Berikut adalah pertanyaan yang harus Anda ajukan kepada diri sendiri dan hal-hal yang harus Anda pikirkan saat merencanakan kampanye iklan banner Anda:

Apa tujuan iklan banner saya?

Menentukan tujuan keseluruhan penting saat Anda mendesain iklan banner. Tanpa tujuan, iklan banner Anda tidak akan lebih dari sekadar gambar cantik yang dapat diklik. Di sini penting untuk memikirkan keseluruhan proses.

Tujuan iklan banner bukan hanya agar pemirsa mengekliknya. Tujuan iklan banner Anda haruslah untuk meningkatkan konversi, membangun kesadaran merek, atau membuat orang membeli atau mengunduh suatu produk. Tetapkan tujuan Anda terlebih dahulu dan bangun kampanye iklan banner Anda di sekitar tujuan akhir ini.

Siapakah target audiens iklan banner saya?

Selanjutnya, Anda harus memikirkan target audiens Anda. Anda harus bertanya pada diri sendiri: siapa target audiens saya? Apa yang mereka inginkan? Apa kebutuhan dan masalah mereka? Apa yang akan membuat mereka mengeklik iklan banner?

Sebagian besar pertanyaan ini seharusnya mudah dijawab karena Anda harus tahu siapa pelanggan Anda. Namun, jika Anda membuat iklan banner untuk klien, Anda harus memastikan Anda tahu kepada siapa mereka menargetkan banner tersebut. Menghabiskan waktu untuk meneliti audiens target Anda akan memastikan bahwa Anda tidak sepenuhnya salah sasaran dan membuat kampanye iklan banner yang gagal.

Informasi dan sumber daya apa yang saya perlukan?

Terakhir, Anda harus memikirkan informasi dan sumber daya apa yang Anda butuhkan untuk membuat iklan banner. Anda harus memutuskan ukuran yang akan dibuat, berapa banyak versi dan bahasa yang berbeda yang harus digunakan pada banner. Anda juga harus memutuskan apakah iklan banner akan dibuat dalam HTML5 atau Flash atau keduanya. Setelah mengetahui informasi ini, Anda perlu merencanakan sumber daya apa yang Anda butuhkan, misalnya, apakah Anda memerlukan desainer atau Anda perlu mencari seseorang untuk menerjemahkan banner ke dalam berbagai bahasa? Anda juga harus mencari tahu kapan batas waktu pembuatan banner dan berapa banyak waktu yang akan Anda habiskan untuk proyek tersebut.

Menulis salinan untuk iklan banner Anda

Naskah iklan penting saat Anda mendesain iklan banner karena memungkinkan Anda mengomunikasikan penawaran Anda dengan jelas kepada audiens. Aturan utama di sini adalah: buatlah teks yang singkat, padat, dan langsung ke intinya. Hadapi saja, pemirsa tidak ingin membaca baris demi baris teks, terlepas dari seberapa bagus tulisannya. Jadi, buatlah teks yang singkat.

Pesan apa yang ingin Anda sampaikan? Ini harus menjadi pemikiran utama Anda saat menulis naskah iklan banner Anda. Pikirkan kembali tujuan keseluruhan iklan banner Anda dan buat naskah iklan Anda berdasarkan tujuan tersebut. Jika Anda menawarkan diskon, gunakan naskah iklan yang menarik seperti 'Diskon! -80%' yang menyatakan dengan jelas apa yang Anda tawarkan.

Saat menulis salinan, Anda juga harus ingat bahwa ejaan dan tata bahasa Anda harus baik, dan jika Anda menerjemahkan spanduk Anda ke dalam berbagai bahasa yang berbeda, Anda harus memastikan bahwa salinannya berfungsi dan sama efektifnya dalam semua bahasa yang berbeda: jangan hanya mengandalkan situs web terjemahan, mintalah seseorang yang tahu bahasa tersebut untuk memeriksa salinannya!

Elemen visual pada iklan banner Anda

Aspek visual iklan banner Anda bisa dibilang merupakan salah satu elemen terpenting yang perlu dipikirkan saat Anda mendesain iklan banner. Ada beberapa elemen visual yang perlu diperhatikan saat menyempurnakan desain iklan banner:

Penggunaan warna dalam desain iklan banner

Pertama, Anda harus memikirkan warna dan bagaimana Anda akan menggunakannya. Warna yang berbeda akan membangkitkan emosi yang berbeda pada pemirsa, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Memikirkan jenis pesan yang ingin Anda sampaikan akan membantu Anda memilih warna dalam iklan banner Anda.

Kredit infografis: Perusahaan Logo

Kedua, saat memikirkan warna, Anda harus memikirkan bagaimana Anda akan menggunakannya. Terlalu banyak warna dapat mengganggu atau tidak nyaman dilihat, namun terlalu sedikit warna dapat berarti bahwa Anda berisiko iklan banner Anda tidak menarik perhatian dan oleh karena itu orang tidak akan mengekliknya. Pelajari cara menggunakan ruang putih secara efektif, ini akan membantu meningkatkan desain Anda.

Menggunakan font dalam desain iklan banner

Aspek visual dari salinan Anda juga penting. Penting untuk memilih font yang mudah dibaca. Hindari penggunaan font yang terlalu ramai atau tidak mudah dibaca sekilas. Warna teks Anda juga penting karena ini akan membantu keterbacaan iklan banner Anda. Pastikan font Anda menonjol pada latar belakang banner Anda. Hal yang sama berlaku untuk ukuran dan spasi font. Teks yang terlalu kecil akan terlewatkan, dan font yang ditempatkan terlalu berdekatan tidak dapat dibaca dengan mudah.

Grafik dan gambar dalam desain iklan banner

Gambar dan grafik dapat menjadi cara yang bagus untuk membantu membuat iklan banner Anda lebih menarik dan memikat bagi pemirsa. Pastikan gambar Anda relevan dengan iklan banner Anda. Misalnya, jika Anda memiliki toko e-commerce, Anda mungkin ingin menampilkan beberapa produk Anda di iklan banner, atau jika Anda memiliki dealer mobil, Anda harus menampilkan beberapa model mobil terbaru Anda di iklan banner. Gunakan gambar dengan bijak, seperti halnya teks dan warna, jangan terlalu banyak menampilkan iklan banner Anda.

Putuskan apakah Anda akan membeli beberapa gambar untuk  iklan banner media kaya atau membuatnya sendiri. Jika Anda membeli gambar, pastikan gambar tersebut berkualitas baik dan tentu saja relevan. Hal yang sama berlaku untuk membuat gambar Anda sendiri; gambar tersebut harus berkualitas baik, jadi pikirkan apakah Anda memiliki peralatan dan keterampilan yang tepat untuk membuat gambar yang bagus. Jika Anda mengunggah gambar buatan sendiri yang berkualitas buruk ke dalam iklan banner Anda, orang-orang akan menghindari mengeklik banner Anda karena perusahaan Anda tampak tidak profesional atau produk Anda tidak terlihat menarik.

Cara menggunakan animasi secara efektif dalam desain Anda

Animasi adalah elemen terakhir dari desain visual yang harus Anda pertimbangkan ketika mencoba meningkatkan desain iklan banner Anda. Meskipun animasi dapat menghidupkan iklan banner Anda, jika Anda mencoba terlalu berani menggunakannya, Anda dapat berakhir dengan banner yang sangat mengganggu dan tidak akan diklik oleh siapa pun. Buat animasi tetap sederhana; hindari kedipan atau gerakan cepat dan pilih transisi yang halus.

Atau, pertimbangkan untuk menggunakan video dalam iklan banner Anda untuk menciptakan dampak yang lebih besar, tetapi ingat untuk membuatnya relevan dengan merek dan penawaran Anda.

Cara menguji desain iklan banner Anda

Hanya ada satu cara pasti untuk melihat apakah desain iklan banner Anda telah membaik, yaitu dengan menguji iklan banner Anda. Cara terbaik untuk menguji iklan banner Anda adalah dengan menggunakan pengujian A/B . Ini akan memungkinkan Anda untuk mencoba dua atau lebih variasi iklan banner Anda untuk melihat mana yang lebih efektif dalam mendapatkan klik-tayang, prospek, dan penjualan. Kemudian Anda dapat melihat desain mana yang paling efektif dan terus membangun kampanye iklan banner yang sukses. Mintalah juga umpan balik dari kolega, pelanggan, atau audiens target Anda di forum daring. Ini akan membantu Anda untuk melakukan perbaikan pada iklan banner Anda dan melihat apa reaksi umum terhadapnya.

Dengan berdiskusi bersama tim grafis Info Baik Media , memproduksi iklan display yang luar biasa menjadi mudah.