12 Tips Membangun Website Bisnis Perusahaan yang Efektif

Membuat website tidak terlalu sulit dengan banyaknya alat pembuatan website yang tersedia. Namun penting untuk mengembangkan situs web Anda dengan benar untuk memaksimalkan lalu lintas dan keterlibatan

Aug 19, 2024 12:38 · 2 bulan lalu
 72
12 Tips Membangun Website Bisnis Perusahaan yang Efektif

INFOBAIK |  Saat ini, kehadiran online sangat penting untuk bisnis apa pun, bahkan untuk toko fisik yang tidak memiliki e-commerce. Membuat website tidak terlalu sulit dengan banyaknya alat pembuatan website yang tersedia. Namun penting untuk mengembangkan situs web Anda dengan benar untuk memaksimalkan lalu lintas dan keterlibatan — jika tidak, Anda bisa kehilangan peluang penting untuk memikat audiens Anda. Kiat-kiat ini dapat membantu Anda meningkatkan situs web dan mendorong hasil yang lebih baik, mulai dari menjaring audiens target hingga mendorong lebih banyak konversi.

Tips membangun website bisnis

1. Jadikan situs Anda responsif seluler

Responsivitas seluler sangat penting agar situs web menjadi efektif. Orang dewasa Amerika menghabiskan lebih dari lima jam menggunakan ponsel mereka setiap hari, sementara lebih dari sepertiganya berbelanja online melalui perangkat seluler . Tentu saja, situs web seluler bisnis Anda harus menawarkan pengalaman pengguna yang positif.

Jika calon pelanggan membuka situs Anda tetapi merasa kesulitan membaca atau bernavigasi di perangkat seluler, mereka mungkin meninggalkan Anda begitu saja demi pesaing. Selain itu, pengalaman pengguna seluler yang negatif memengaruhi situs web Anda di peringkat mesin telusur, sehingga mempersulit pengguna untuk menemukan melalui penelusuran Google – yang membawa kita ke poin berikutnya.



2. Buatlah mudah untuk ditemukan.

Anda memerlukan nama domain yang cocok dengan nama perusahaan Anda atau menggambarkan bisnis Anda dengan cara tertentu. Anda bahkan dapat memiliki beberapa domain yang mengarah ke situs web. Ini berarti menggabungkan praktik terbaik SEO teknis, riset kata kunci, pemasaran konten, dan kampanye iklan berbayar untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda.



3. Tempatkan informasi kontak Anda di paro atas

Jika bisnis Anda bergantung pada kemampuan orang untuk menghubungi Anda atau menghubungi tim penjualan Anda, letakkan informasi tersebut di tempat yang mudah mereka temukan.

“Informasi kontak Anda harus terlihat, sebaiknya di bagian atas beranda, sehingga pengunjung tidak perlu mencari nomor telepon atau alamat jika ingin menghubungi bisnis tersebut,” kata David Brown, mantan CEO Web.com .

Jika Anda menggunakan media sosial untuk terhubung dengan pelanggan, letakkan tautan sosial Anda di header atau footer situs web, agar mudah ditemukan.



4. Permudah navigasinya

Dan Veltri, salah satu pendiri dan kepala produk Weebly, menyarankan untuk membatasi menu navigasi tingkat atas Anda menjadi lima tab yang diberi label dengan jelas, dengan halaman terkait diatur di bawahnya. Anda juga harus menawarkan cara yang jelas untuk kembali ke beranda di mana pun pembaca Anda berada. Seringkali, penelusuran Google membawa pembaca ke halaman di situs web Anda selain halaman beranda.

Tahukah Anda? Orang-orang memindai halaman web dari atas ke bawah dan kiri ke kanan, jadi letakkan menu navigasi Anda di tempat yang diharapkan kebanyakan orang: di bagian atas halaman. Gunakan menu tarik-turun di bawah setiap kategori tingkat atas untuk navigasi yang bersih dan teratur.



5. Jaga halaman Anda tetap rapi

Paul Bolls, profesor komunikasi strategis di Edward R. Murrow College of Communication, mengatakan bahwa pembaca harus mampu menempatkan informasi dalam konteksnya. Jika sebuah situs memiliki terlalu banyak informasi, hal itu membebani pikiran, sehingga tidak dapat menyimpan informasi baru. Pastikan untuk menggunakan keseimbangan teks dan grafik yang baik untuk menyajikan halaman yang bersih.

Salah satu cara untuk membuatnya tetap sederhana adalah dengan memotong widget sosial, seperti feed platform sosial X, di situs Anda. Tanyakan pada diri Anda apakah Anda menambahkan informasi yang penting bagi pembaca Anda, saran Michael LaVista, CEO Caxy Interactive. Jika konten widget Anda tidak mendukung tujuan halaman, hapus widget tersebut.



6. Pastikan akurat

Sudah jelas bahwa informasi yang tidak akurat akan mematikan konsumen, baik itu nomor yang salah, informasi produk yang ketinggalan jaman, atau kesalahan tata bahasa yang sederhana. Anda tidak hanya harus mengoreksi setiap halaman sebelum ditayangkan tetapi juga memeriksa setiap halaman secara berkala, terutama setelah melakukan pembaruan di tempat lain.



7. Hormati kebutuhan akan kecepatan

Sebuah studi yang dilakukan oleh perusahaan pemasaran digital Akamai menemukan bahwa 88,5% pengguna web akan meninggalkan situs web jika memuat terlalu lambat. Selain itu, waktu yang diperlukan untuk memuat halaman web memengaruhi keputusan pembelian hampir 70% pembeli online.

Pastikan situs web Anda berjalan lancar dengan selalu memperbarui perangkat lunak, mengoptimalkan video dan gambar untuk pengunduhan yang lebih cepat, dan menggunakan host situs web yang dapat menangani kebutuhan bandwidth Anda.



8. Miliki ajakan untuk bertindak

Setiap halaman di situs Anda harus menarik pembaca untuk melakukan sesuatu. Dengan kata lain, Anda perlu memberi mereka ajakan bertindak. Landing page/ Halaman landas ini harus mendorong pengguna untuk mengambil tindakan tertentu, seperti menelepon perusahaan Anda, mendaftar ke layanan, membeli produk, mengunduh whitepaper, atau melakukan hal lain yang bermanfaat bagi sasaran bisnis Anda. Beri mereka undangan nyata untuk mengambil tindakan: tombol, tautan, atau kata-kata yang jelas. Simpan di paro atas jika memungkinkan sehingga pembaca tidak perlu menggulir sebelum menemukan ajakan bertindak .



9. Buat desain Anda tetap sederhana

Batasi penggunaan font, warna, dan GIF, yang dapat mengalihkan perhatian dan mengalihkan perhatian dari fokus halaman web. Paragraf pendek dan poin-poin juga membuat informasi lebih mudah dipindai dan mudah dibaca. Ian Lurie, CEO perusahaan pemasaran internet Portent Inc., menyarankan untuk membuat paragraf lebih pendek dari enam baris.

Hal ini sangat penting terutama dalam hal responsivitas seluler , yang merupakan faktor utama dalam cara Google memberi peringkat situs web dalam algoritmenya. Semakin baik peringkat sebuah website, maka semakin tinggi pula kemunculannya di halaman hasil mesin pencari (SERP). Jika pesaing mobile-friendly dan situs web Anda tidak, Anda mungkin akan terdorong ke peringkat bawah dalam hasil penelusuran pelanggan Anda.



10. Bersikaplah pribadi

Sama seperti bisnis fisik yang berinvestasi besar-besaran pada etalase mereka untuk mewakili citra merek mereka, pengecer e-commerce perlu menciptakan pengalaman online berkualitas tinggi sesuai dengan persepsi merek, kata Tom Lounibos, salah satu pendiri SOASTA.

Untuk itu, halaman Tentang Kami Anda tidak boleh berupa teks kering tentang perusahaan Anda. Emily Brackett, presiden perusahaan desain dan branding Visible Logic, merekomendasikan untuk menyertakan foto diri Anda atau tim yang bagus untuk mempersonalisasi pengalaman bagi pelanggan Anda .



11. Pastikan salinan situs web Anda berorientasi pada pelanggan

Calon pelanggan datang ke website Anda untuk mendapatkan informasi yang berguna bagi mereka. Terkadang mereka datang untuk konten pendidikan di blog Anda, dan di lain waktu mereka fokus meneliti produk dan layanan yang Anda jual. Apa pun pilihannya, Anda harus menyajikan informasi relevan yang akan melibatkan prospek Anda, memberi mereka sesuatu yang bernilai, dan membangun kepercayaan mereka terhadap keahlian Anda.

Saat Anda merencanakan konten di situs web Anda, cobalah memikirkannya dari sudut pandang pelanggan. Jika Anda adalah calon pelanggan, informasi apa yang berguna bagi Anda? Tingkat pengetahuan atau keahlian apa yang sudah Anda miliki, dan apa yang perlu Anda jelaskan lebih detail? Dengan berfokus pada konten dari sudut pandang pelanggan, Anda dapat mempertahankan mereka di situs Anda lebih lama dan lebih mungkin menciptakan hubungan jangka panjang dengan mereka yang menghasilkan penjualan.

Bukan seorang penulis? Tidak masalah; anda bisa mencari outsourcing ke copywriter profesional.



12. Menggabungkan praktik terbaik SEO.

Anda mungkin memiliki situs web terbaik di industri Anda, tetapi tidak ada gunanya jika orang tidak dapat menemukannya. Meskipun Anda dapat mengeluarkan uang untuk iklan guna mengarahkan prospek ke situs web Anda, hal ini akan lebih hemat biaya dan efektif dalam jangka panjang jika mendatangkan lalu lintas penelusuran organik gratis ke situs Anda.

Ketika orang mencari informasi secara online, mereka pergi ke mesin pencari, khususnya Google. Biasanya mereka menemukan apa yang mereka cari di halaman pertama hasil pencarian, sehingga disitulah perusahaan Anda ingin muncul. Google dan mesin pencari lainnya memiliki algoritme miliknya sendiri yang mereka gunakan untuk menentukan peringkat situs berdasarkan istilah pencarian, yang juga disebut kata kunci.

Mesin pencari menggunakan tiga cara untuk menentukan di mana listingan Anda muncul: perayapan, pengindeksan, dan pemeringkatan. Perayapan berarti mereka menemukan situs Anda melalui tautan dari situs lain. Jadi, pastikan tautan ke situs Anda muncul di sebanyak mungkin situs web luar.

Setelah situs Anda ditemukan oleh bot perayapan, situs tersebut diindeks, yang berarti situs tersebut dianalisis kontennya, termasuk kata kunci, kesegaran, relevansi, tautan, dan multimedia. Pastikan situs Anda memiliki banyak konten baru dan relevan terkait dengan kata kunci yang ingin Anda rangking.

Terakhir, peringkat adalah cara mesin pencari menentukan hasil terbaik untuk pencarian tertentu. Pemeringkatan didasarkan pada relevansi dan otoritas. Sertakan banyak konten yang relevan, seperti artikel individual tentang berbagai aspek topik tertentu. Otoritas ditentukan oleh ukuran situs Anda, lalu lintasnya, dan berapa banyak situs terkemuka lainnya yang tertaut ke situs Anda. Alat SEO bisnis kecil mempermudah pengoptimalan situs Anda.



Pelanggan mengharapkan situs web bisnis yang bagus

Situs web bisnis yang dirancang dengan baik adalah elemen inti yang dibutuhkan setiap merek yang serius. Meskipun Anda tidak terlibat dalam penjualan e-niaga, situs web merupakan sumber informasi penting dan memberikan legitimasi bagi bisnis Anda. Ini juga memberi Anda real estat digital yang Anda miliki, memungkinkan Anda mengarahkan lalu lintas online ke halaman Anda dan memeliharanya di sepanjang saluran penjualan Anda. Jika Anda berencana mengembangkan situs web untuk pertama kalinya atau mendesain ulang situs web yang sudah ada, ingatlah tips berikut untuk menjadikannya sumber pertumbuhan bisnis. untuk segala kebutuhan anda dalam urusan desain web tim Info Baik Media membuka diri agar anda bisa berkonsultasi untuk meyelesaikan hal itu. jangan segan untuk menghubungi kami. selamat mencoba kawan.