Bagaimana cara kerja pemasaran digital?

Pemasaran digital adalah bidang yang luas. Jadi penting untuk menetapkan sasaran Anda sebelum memulai kampanye pemasaran digital.

Aug 8, 2024 09:06 · 3 bulan lalu
 13
Bagaimana cara kerja pemasaran digital?
ilustrasi cara kerja pemasaran digital, info baik media

Ada sejumlah cara untuk menjalankan kampanye pemasaran digital. Sebagai pemasar digital, Anda memiliki berbagai taktik, strategi, dan saluran yang dapat digunakan untuk terhubung dengan audiens Anda. Secara umum, kampanye pemasaran digital melibatkan beberapa langkah umum :

1. Tentukan tujuan pemasaran Anda

Pemasaran digital adalah bidang yang luas. Jadi penting untuk menetapkan sasaran Anda sebelum memulai kampanye pemasaran digital. Misalnya, apakah Anda ingin membangun kesadaran merek? Memperoleh pelanggan baru? Berfokus pada retensi dan loyalitas pelanggan? Menguraikan sasaran membantu Anda menyesuaikan strategi dan anggaran untuk memaksimalkan dampak Anda.

2. Identifikasi target audiens Anda

Siapa yang ingin Anda tarik perhatiannya? Semakin banyak detail yang dapat Anda ketahui tentang target audiens Anda (usia, lokasi, pendapatan, dll.), semakin mudah untuk menentukan cara menghubungi mereka.

3. Identifikasi saluran pemasaran dan taktik pemasaran yang tepat

Sekarang setelah Anda tahu siapa yang ingin Anda jangkau, Anda perlu memutuskan bagaimana (dan berapa banyak) Anda ingin menjangkau mereka. Misalkan Anda adalah pemasar digital B2C yang mencoba terhubung dengan pelanggan yang lebih muda. Dalam hal ini, Anda dapat mengalokasikan lebih banyak anggaran untuk iklan media sosial pada platform tertentu daripada menggunakan sebagian besar upaya (dan uang) Anda untuk penerbitan blog.

4. Mengembangkan dan mengoptimalkan konten dan pesan untuk setiap saluran

Analisis data Anda dan cobalah untuk mencari tahu sebanyak mungkin tentang audiens Anda. Misalnya, jika Anda tahu bahwa pelanggan Anda lebih suka menjelajah di ponsel mereka daripada laptop, konten yang mereka terima perlu dioptimalkan untuk tampilan seluler. Namun, itu mungkin tidak cukup. Pelanggan berinteraksi dengan merek di berbagai saluran secara nonlinier. Jadi, Anda perlu memastikan bahwa setiap konten memiliki suara dan pesan merek yang konsisten. Konsistensi mencegah kebingungan tentang merek Anda dan nilai yang Anda berikan.

5. Pengukuran kampanye di seluruh metrik utama

Ukur berbagai metrik utama dan ulangi berdasarkan hasil tersebut. Jika Anda tidak mengukur kinerja berdasarkan metrik utama yang Anda tetapkan sebelumnya, bagaimana Anda akan tahu apakah kampanye berjalan dengan baik atau terus mengalami peningkatan? Mengukur hasil dari waktu ke waktu memastikan bahwa Anda terhubung dengan pelanggan, mendorong loyalitas, dan membangun advokasi merek.

Pemasaran digital lintas saluran

Pemasaran lintas saluran —atau pemasaran multisaluran—melibatkan penggunaan berbagai saluran yang berbeda. Pemasaran lintas saluran melampaui (dan juga merangkul) pemasaran tradisional. Di dunia digital ini, seorang pemasar harus menggunakan berbagai saluran untuk memenuhi keinginan audiens. Bergantung pada basis pelanggan yang Anda targetkan, Anda mungkin perlu menggunakan berbagai saluran: media sosial, email, web, teks, TV, dan radio. Semakin banyak data yang Anda miliki tentang preferensi, posisi, dan minat pelanggan dan calon pelanggan Anda, semakin baik Anda dapat menyusun strategi pemasaran dengan konten yang tepat yang disampaikan melalui saluran yang tepat.

Pelanggan suka berpindah dari satu saluran ke saluran lainnya. Mereka dapat berpindah dari media sosial ke situs web, asisten digital, hingga email dalam waktu singkat. Anda harus mengimbangi mereka dan menyediakan perjalanan pelanggan yang lancar di semua saluran. Ingatlah bahwa semua saluran Anda harus selaras dengan suara dan pesan Anda. Perjalanan pelanggan yang terputus-putus di berbagai saluran akan membuat pelanggan tidak tertarik. Berusahalah untuk konsisten dalam pemasaran lintas saluran digital Anda.

Pemasaran adalah bercerita. Betapa tidak enak dan membingungkannya jika detailnya berbeda? Jika nada dan suaranya berubah? Audiens Anda tidak akan mampu mengikutinya. Mereka mungkin tidak memahami pesan yang ingin Anda sampaikan—dan tidak akan bertahan untuk mendengar bagaimana ceritanya berakhir.

Perjalanan pelanggan harus menyenangkan. Konten harus mudah dibaca, dilihat, dan dicerna, apa pun salurannya. Situs web harus mudah dinavigasi, iklan mudah dipahami, dan grafik enak dipandang.

Pemasaran digital adalah tentang melakukan percakapan digital dengan pelanggan Anda. Anda ingin memberikan kesan terbaik agar mereka terus berbicara dengan Anda.

KPI Pemasaran Digital

Indikator kinerja utama (KPI) merupakan parameter pemasaran digital digunakan untuk mengukur kinerja kampanye pemasaran. Pemasar digital dapat menggunakan sejumlah KPI untuk melacak hasil. Saat Anda menyusun strategi, menentukan KPI pemasaran digital spesifik mana yang akan digunakan akan memudahkan penentuan target dan sasaran serta pengukuran kinerja kampanye, termasuk data berikut:

  • Pengunjung yang kembali ke situs web. Menunjukkan keterlibatan karena pengunjung kembali ke situs web/laman arahan Anda untuk menikmati lebih banyak konten atau melakukan tindakan tertentu.
  • Kunjungan pertama. Pahami bagaimana orang menemukan situs web Anda dan seberapa besar keterlibatan mereka setelah menemukannya.
  • Sumber lalu lintas web. Menunjukkan bagaimana orang menemukan situs web/laman arahan Anda.
  • Total kunjungan. Jumlah sesi penjelajahan tunggal oleh masing-masing pengunjung situs Anda.
  • Total kunjungan unik. Jumlah orang yang telah mengunjungi situs web/laman arahan Anda.
  • Rasio klik-tayang (CTR). Persentase orang yang mengeklik CTA atau tautan.
  • Rata-rata waktu di halaman. Jumlah waktu rata-rata yang dihabiskan semua pengguna di satu halaman.
  • ROI (laba atas investasi) pemasaran. Seberapa besar pendapatan yang diperoleh dari kampanye pemasaran dibandingkan dengan biaya menjalankan kampanye tersebut.

Ada banyak sekali tools KPI yang dapat Anda gunakan, tergantung pada jenis kampanye yang Anda jalankan. Untuk Lebih jauh berdiskusi mengenai Marketing Digital, Tim Info Baik Media dengan senang hati membantu performa bisnis anda untuk melakukan branding usaha dan produk. silahkan hubungi kami melalui kontak di portal berita online ini