Cara Meningkatkan Trafik Kunjungan Website

Situs web adalah fondasi yang memungkinkan Anda membangun kehadiran online dan mengembangkan bisnis Anda. Tujuan dari peningkatan kunjungan website disini adalah upaya untuk mengenalkan produk barang atau jasa dalam bisnis anda

Aug 15, 2024 08:00 · 2 bulan lalu
 61
Cara Meningkatkan Trafik Kunjungan Website

INFOBAIK | Di dunia saat ini, membuat situs web adalah salah satu langkah terpenting menuju keberhasilan bisnis kecil. Situs web adalah fondasi yang memungkinkan Anda membangun kehadiran online dan mengembangkan bisnis Anda. Tujuan dari peningkatan kunjungan website disini adalah upaya untuk mengenalkan produk barang atau jasa dalam bisnis anda.

Anda dapat mempelajari banyak hal tentang orang-orang yang mengunjungi situs web Anda dan mengubah mereka menjadi pendukung, mitra, atau klien dengan perangkat yang tepat. Jika salah satu dari hal ini terjadi, itu adalah kemenangan. Sekarang, bagaimana Anda mendatangkan pengunjung ke situs web Anda?

Cobalah pendekatan berikut untuk mempelajari cara meningkatkan lalu lintas situs web.

1. Optimalkan konten anda dengan kata kunci yang sesuai

Saat Anda mengoptimalkan konten dengan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda, prosesnya dikenal sebagai optimasi mesin pencari/search engine optimization (SEO) . Banyak hubungan bisnis terbentuk setelah seseorang mengetikkan kata atau frasa ke mesin pencari untuk menemukan situs web. Mengetahui istilah pencarian yang digunakan orang untuk menemukan situs web anda memudahkan untuk menarik lebih banyak pengunjung. Istilah tertentu mungkin khusus untuk anda, seperti merek atau nama produk. Atau, bisa berupa atribut atau manfaat seperti "alami", "pengiriman gratis", atau hal lain yang membedakan Anda.

Di Google Analytics, Anda dapat melihat istilah apa saja yang digunakan pengunjung situs web untuk menemukan situs Anda di masa lalu dan menggunakan kata kunci tersebut untuk membantu mengoptimalkan konten situs web Anda. Sebaiknya Anda juga melihat istilah yang digunakan pesaing Anda di situs web mereka, di media sosial, atau di email.

Google Search Console adalah alat gratis lainnya yang dapat Anda gunakan untuk melihat seberapa sering situs web Anda muncul di hasil pencarian, istilah pencarian mana yang mendatangkan pengunjung terbanyak, dan berapa banyak orang yang mengeklik situs Anda di hasil pencarian.

Kiat-kiat berikut dapat membantu Anda memaksimalkan upaya SEO Anda:

  • Jadikan situs web Anda mudah ditemukan . Pastikan situs Anda memiliki deskripsi lengkap tentang penawaran dan manfaatnya sehingga mesin pencari seperti Google dan Bing dapat menampilkannya. Selain itu, buat judul SEO yang deskriptif untuk situs web Anda agar lebih banyak orang dapat menemukan Anda. Judul SEO dapat ditambahkan saat Anda membuat situs web .
  • Manfaatkan konten situs web Anda . Posting blog, artikel, testimonial audiens, dan konten lainnya membantu meningkatkan peringkat pencarian Anda dan mendatangkan pengunjung ke situs web Anda.
  • Optimalkan visual Anda . Meskipun mesin pencari jauh lebih baik dalam mengindeks kata daripada elemen visual, gambar dan video dapat membantu meningkatkan peringkat Google Anda jika dioptimalkan untuk perangkat seluler. Jika Anda menyertakan gambar ke situs web Anda, pastikan setiap gambar menyertakan teks alt singkat yang menjelaskan gambar atau grafik untuk memberi mesin pencari alternatif teks untuk ditafsirkan.

2. Buat halaman arahan yang ditargetkan

Mengarahkan pengunjung situs web ke halaman arahan khusus yang menampilkan apa yang mereka minati akan membantu mereka terlibat dengan situs web Anda dan, pada akhirnya, bisnis Anda. Gunakan analisis situs web untuk membuat halaman yang menyoroti konten yang disesuaikan dengan prioritas pengunjung situs web. Ini mungkin terlihat seperti promosi khusus berdasarkan posting yang telah dibaca seseorang atau pembaruan tentang fitur baru suatu produk yang telah mereka teliti.

Anda dapat memasukkan pesan yang dipersonalisasi ini ke dalam pemasaran berkelanjutan Anda dengan membuat tag untuk kontak Anda. Tag adalah label untuk kontak yang dapat menginformasikan konten yang Anda sajikan saat mereka berkunjung untuk memastikan bahwa konten tersebut relevan.

3. Buat konten yang menarik dan berkualitas tinggi

Jika Anda ingin tahu cara mendatangkan traffic ke situs web Anda, salah satu cara terbaik adalah dengan membuat konten yang menarik dan berkualitas tinggi yang dapat menjawab pertanyaan atau memberikan solusi untuk masalah tertentu. Dengan begitu, situs web Anda akan lebih berwibawa dan memposisikan bisnis Anda sebagai pemimpin industri.

Membuat konten yang unik, menarik, dan bermanfaat juga dapat membantu upaya SEO Anda. Semakin Anda mengoptimalkan konten dan kunjungan situs yang Anda dapatkan, semakin tinggi peringkat situs anda di halaman hasil mesin pencari (SERP - search engine results page ). Selain itu, memposting konten informatif yang berharga dapat meningkatkan kemungkinan pengunjung berulang. Ini karena pembaca akan tahu bahwa konten anda bermanfaat dan dapat diandalkan.

Saat membuat konten, pastikan konten tersebut mudah dibaca dan diikuti. Misalnya, subjudul situs web akan membantu pembaca menemukan informasi yang mereka cari dengan cepat dan mudah.

4. Gunakan iklan berbayar untuk mempromosikan situs anda

Anda pasti pernah melihatnya di internet: iklan yang mempromosikan segala hal mulai dari kursus online hingga kacamata hitam dan banyak lagi. Iklan tersebut disebut iklan digital atau iklan banner , dan iklan tersebut dirancang untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web atau halaman arahan khusus kampanye. Jenis iklan ini berhasil karena dapat ditempatkan di situs web atau blog yang menarik audiens tertentu, seperti orang yang mengerjakan proyek rumahan atau penggemar kegiatan luar ruangan.

Di platform media sosial seperti Facebook dan Instagram, iklan digital dapat ditargetkan ke kelompok yang sangat spesifik dan dipecah berdasarkan usia, jenis kelamin, minat, atau tingkat pendidikan. Data yang Anda miliki tentang aktivitas pengunjung situs web anda—seperti halaman atau produk apa yang mereka lihat dan kapan—dapat membantu anda membuat dan mengelola iklan dengan mudah untuk menargetkan orang-orang yang sedang mencari sesuatu yang anda tawarkan.

Anda mungkin ingin bekerja sama dengan konsultan atau agensi untuk mengembangkan strategi media berbayar dan menentukan di mana akan menempatkan iklan Anda dan berapa lama akan ditayangkan. Seorang profesional di bidang ini juga akan dapat memberikan wawasan tentang hasil seperti apa yang diharapkan dari sebuah kampanye dan cara meningkatkan kinerjanya dari waktu ke waktu.



5. Tingkatkan reputasi pencarian lokal anda

Algoritme lokal Google akan memberikan hasil yang bersifat lokal, jadi pastikan Anda memanfaatkannya untuk keuntungan situs web Anda. Peringkat mesin pencari lokal memungkinkan situs web Anda ditemukan saat seseorang mencari layanan lokal di wilayah geografis mereka. Misalnya, jika Anda perlu memperbaiki AC dan tinggal di Bandung, anda dapat mengetik "perbaikan AC di Bandung" di mesin pencari.

Dengan meningkatkan reputasi pencarian lokal, Anda dapat memperoleh bisnis lokal dari mereka yang tinggal di daerah sekitar. Selain itu, klien dapat mengirimkan testimonial secara online untuk membahas pengalaman positif mereka dengan merek Anda, yang membantu membangun kredibilitas bisnis Anda.


6. Kirim email yang tertaut ke situs web anda

Cara yang sudah terbukti ampuh untuk menghasilkan traffic adalah email. Email dapat menjadi alat penjangkauan yang ampuh untuk menargetkan dan memberi tahu audiens Anda serta mengarahkan orang ke halaman tertentu di situs web Anda.
Ada 2 jenis utama promosi email:

  • Buletin email dapat menyajikan informasi dan promosi yang bermanfaat, seperti penjualan atau acara. Buletin email dapat mengarahkan anggota audiens ke situs web Anda untuk membaca artikel atau memanfaatkan penawaran. Meskipun buletin email mungkin tidak mendatangkan banyak pengunjung situs web baru, buletin email dapat menjadi cara yang ampuh untuk mendatangkan kunjungan dan penjualan dari audiens terbaik Anda : mereka yang sudah mengenal Anda.
  • Email promosi dapat menyoroti penjualan atau acara tertentu. Misalnya, Anda dapat mempromosikan acara mencicipi anggur atau pameran dagang di toko anda. Email promosi juga dapat membantu Anda memamerkan produk, layanan, atau video baru yang telah Anda posting.

Dalam kedua kasus tersebut, Anda dapat mengelompokkan audiens email berdasarkan data untuk mengirim versi buletin atau penawaran yang disesuaikan ke segmen yang paling reseptif. Ketika audiens target melihat nilai yang dapat Anda berikan kepada organisasi mereka, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa Anda tidak menerapkan kampanye email lebih awal.

“Hal terpenting dalam email adalah Anda berbicara kepada orang-orang yang ingin mendengar kabar dari anda,” kata Sean Fletcher, seorang Manajer Pemasaran Produk Senior  “Dan anda tidak perlu menyampaikan hal yang sama kepada semua orang karena Anda memiliki akses ke data yang memungkinkan anda mengirim konten yang relevan bagi setiap orang. Misalnya, seseorang baru saja membeli sepatu dari anda. Anda dapat membuat segmen berdasarkan riwayat pembelian mereka dan mengirimi mereka kampanye email dengan model terbaru anda.”


7. Dapatkan lebih banyak backlink dari sumber terpercaya

Tautan balik, tautan masuk , adalah tautan di situs web lain yang mengarah ke halaman tertentu di situs Anda sendiri. Semakin banyak tautan balik berkualitas yang Anda peroleh, semakin tinggi peringkat Anda di mesin pencari. Ini karena tautan balik memberi tahu mesin pencari seberapa populer situs web Anda di antara pengguna dan meningkatkan otoritas situs web Anda. Tautan balik harus berasal dari situs yang memiliki reputasi baik ; jika tidak, efek sebaliknya dapat terjadi.

Berikut adalah beberapa alasan lain mengapa backlink penting bagi bisnis Anda:

  • Semakin tinggi peringkat Anda di mesin pencari, semakin banyak pengunjung yang akan tertarik ke situs Anda.
  • Backlink membantu membangun kepercayaan di antara konsumen.
  • Backlink dapat membuat orang lebih sadar akan keberadaan merek Anda.

8. Libatkan audiens anda di media sosial

Anda mungkin menggunakan media sosial untuk mengeposkan beberapa jenis konten yang sama dengan yang Anda tampilkan di situs web Anda, seperti artikel, foto, atau promosi. Tahukah Anda bahwa selain memperkuat pesan Anda, media sosial dapat meningkatkan lalu lintas situs web? Misalnya, jika situs web Anda mendukung e-commerce, Anda dapat mempromosikan penjualan di media sosial dan meningkatkan lalu lintas ke situs web tersebut.

Kuncinya adalah memilih saluran sosial yang paling sesuai untuk pesan anda—dan yang dapat Anda kelola secara efektif. Ini akan bervariasi tergantung pada model bisnis anda dan audiens yang ingin Anda targetkan. Misalnya, LinkedIn adalah pilihan yang baik jika anda ingin mempromosikan white paper atau webinar kepada audiens profesional, sementara Instagram lebih cocok untuk visual, seperti citra produk.

“anda dapat menguji untuk melihat di mana anda mendapatkan kesadaran paling banyak, dan itu akan membantu anda melihat di mana anda harus mencurahkan waktu dan sumber daya,” kata Jon Holbrook, Manajer Pemasaran Produk Senior sebuah perusahaan layanan email.

Saat Anda membangun dan mengelola situs web Anda di Mailchimp, Anda dapat dengan mudah menggunakan konten tersebut dalam kiriman sosial, yang juga dapat Anda buat dan publikasikan di platform tersebut.

Di mana pun Anda memposting, pastikan Anda mengarahkan pengguna ke halaman yang ditargetkan, sehingga ada hubungan yang jelas antara apa yang mereka lihat di postingan sosial dan tautan yang mereka klik, catat Jon. “Beranda Anda dirancang untuk khalayak yang luas, jadi buatlah halaman arahan yang spesifik.”

Jadi, jika Anda tidak tahu cara meningkatkan lalu lintas situs web, pertimbangkan untuk meningkatkan kehadiran media sosial Anda.

9. Bekerja dengan influencer

Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk bisnis Anda adalah memulai hubungan dengan para influencer di industri. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai cara:

  • Perkenalkan mereka ke bisnis anda melalui penjangkauan hubungan masyarakat.
  • Mintalah mereka mengomentari proses, produk, atau layanan baru.
  • Sarankan topik yang dapat Anda tulis untuk mereka di bawah nama mereka atau nama Anda sendiri dengan tautan ke situs anda.

Banyak konsumen mengikuti influencer tertentu, sehingga ini dapat membantu perusahaan anda mendapatkan kredibilitas dan mengubah pengunjung situs web menjadi pelanggan .

10. Berinteraksi dengan komunitas anda

Berinteraksi dengan komunitas Anda, termasuk pelanggan, influencer, merek lain, dan pakar industri, dapat meningkatkan visibilitas merek Anda secara daring. Hasilnya, orang-orang mungkin lebih cenderung mengunjungi situs web Anda.

Membagikan postingan influencer di LinkedIn atau membalas ulasan di Yelp dapat sangat membantu dalam mendefinisikan merek anda. Jadi, dalam hal meningkatkan lalu lintas situs web, jangan lupa untuk menambahkan keterlibatan ke dalam strategi anda.

Banyak perusahaan juga mengadakan jajak pendapat atau hadiah untuk melibatkan komunitas mereka secara daring dan lokal.

11. Meningkatkan hubungan dengan masyarakat

Pernahkah Anda bertanya-tanya, "Bagaimana cara meningkatkan lalu lintas situs web saya?" Nah, salah satu cara mudah untuk meningkatkan lalu lintas web ke situs anda adalah dengan mengembangkan kampanye hubungan masyarakat yang strategis untuk memperkenalkan perusahaan anda kepada calon pelanggan dan mitra baru.

Menerbitkan siaran pers, tampil di TV, berbicara di acara radio, atau ditampilkan dalam sebuah artikel dapat memberikan kredibilitas dan meningkatkan kesadaran merek. Ditambah lagi, banyak dari kampanye PR ini dapat dibagikan di media sosial untuk terus membangun lalu lintas.


12. Tingkatkan kunjungan web dan branding merek dengan advetorial

Setiap pemilik usaha kecil sibuk, tetapi menyediakan waktu untuk mempromosikan situs web ada adalah hal yang penting. “anda dapat memiliki situs web terbaik di dunia, tetapi jika anda tidak mengarahkan lalu lintas ke sana, tidak seorang pun akan tahu betapa hebatnya situs tersebut—atau perusahaan Anda,” kata Wade. “Itu adalah bagian penting dari pengembangan bisnis anda, dan itu akan membuahkan hasil.”

Namun, mendapatkan lebih banyak lalu lintas pada merek dan situs web anda memerlukan waktu dan dedikasi. Dengan serangkaian alat pemasaran yg sudah dilakukan, anda bekerja lebih cerdas, bukan lebih keras, untuk mencapai hasil yang anda inginkan. Dari pembuat situs web yang mudah digunakan hingga segmentasi kampanye pemasaran, info Baik Media siap membantu anda.