Masa Depan Pemasaran Digital

Semuanya berawal dari perangkat seluler, yang telah berdampak besar pada pemasaran digital. Perilaku konsumen telah berubah seiring waktu. Pelanggan kini mengharapkan lebih dari merek mereka, dan momen mikro itu penting

Aug 8, 2024 09:50 · 3 bulan lalu
 20
Masa Depan Pemasaran Digital
Ilustrasi Revolusi Mobile terhadap dunia Periklanan

Semuanya berawal dari perangkat seluler, yang telah berdampak besar pada pemasaran digital. Perilaku konsumen telah berubah seiring waktu. Pelanggan kini mengharapkan lebih dari merek mereka, dan momen mikro itu penting. Apa itu momen mikro? Momen mikro melibatkan konsumen yang berinteraksi dengan merek dengan sekali sentuh tombol dan secara real time.

Tantangan bagi pemasar digital kini terletak pada bagaimana menyampaikan pesan pemasaran relevan yang bermanfaat bagi kehidupan orang-orang di momen mikro, bukan mengganggu mereka.

Pelanggan kini mengharapkan pengalaman yang unik, terhubung, dan lancar di semua saluran dan kepuasan instan. Anda hanya memiliki sedikit waktu untuk menarik perhatian mereka dan mempertahankannya dengan pesan yang kuat dan pengalaman yang menyenangkan dan menarik. Jika tidak, mereka akan beralih ke penawaran berikutnya. Hal ini membuat metode pemasaran lama menjadi usang.

Pemasaran modern harus mengadopsi pendekatan yang mengutamakan perangkat seluler dengan audiens global mereka. Anda harus mengingat bahwa pelanggan :

  1. Keinginan agar semua diperlakukan secara unik.
  2. Bertanggung jawab. Mereka memutuskan kapan, di mana, dan bagaimana mereka akan berinteraksi dengan merek Anda. Mereka menginginkan pengalaman yang lancar dan dapat memulai percakapan di saluran mana pun, yang dapat berlanjut dengan lancar ke saluran lain jika mereka memilihnya.
  3. Ingin dilayani dalam waktu sesingkat mungkin tetapi dengan kenyamanan yang sebesar-besarnya.
  4. Dinding pemisah antara B2C dan B2B mulai runtuh. Pengalaman menyenangkan yang dialami orang-orang dengan B2C membuat mereka mengharapkan hal yang sama dari B2B, tetapi sebenarnya, Anda selalu memasarkan kepada orang-orang, terlepas dari apakah itu B2B atau B2C. Dapat dikatakan bahwa sekarang ini adalah B2ME (B2ME artinya mempersonalisasi pesan dengan menempatkan produk, layanan, atau pengalaman dalam konteks spesifik kebutuhan setiap pelanggan)

Ini mungkin masa depan, tetapi masa depan itu sekarang. Ini terjadi di depan mata semua orang. Anda tidak boleh ketinggalan. Bahkan, Anda sebaiknya mendahuluinya, namun tindakan apa yang dapat dilakukan oleh seorang pemasar digital yang cerdas dan cekatan ?

  • Terapkan pola pikir yang mengutamakan data. Memiliki fluiditas data yang lebih baik dan memanfaatkan data yang Anda miliki dengan lebih baik akan memungkinkan Anda untuk lebih memahami pelanggan dan mengantisipasi kebutuhan mereka serta tidak membuang-buang waktu mereka sedikit pun.
  • Maksimalkan otomatisasi dan kecerdasan. Anda memerlukan otomatisasi pemasaran untuk menangkap sejumlah besar data dan melayani pelanggan secara real time.
  • Anda harus memperlakukan setiap pelanggan secara unik, berbeda, dan tepat. Anda perlu mengambil kecerdasan yang Anda peroleh dari momen-momen kecil dan menyatukannya untuk mendapatkan gambaran yang lebih lengkap tentang pelanggan Anda. Begitulah cara Anda menciptakan pengalaman yang lebih terhubung.
  • Terapkan Fluiditas Omnichannel. Anda harus siap untuk terlibat dengan pelanggan di semua saluran dan secara real time serta mengikuti perkembangan mereka jika mereka berpindah dari satu saluran ke saluran lainnya. (Omnichannel adalah salah satu teknologi yang berkembang untuk memenuhi permintaan pengalaman berbelanja yang lancar. Hal ini sesuai dengan perkembangan di era digital, yang menginginkan adanya integrasi pada berbagai saluran)

Masih banyak sekali peluang besar di masa depan untuk marketing digital apapun produk yang anda pasarkan, kapan saja di mana saja.  dan untuk Lebih jauh berdiskusi mengenai Marketing Digital, Tim Info Baik Media dengan senang hati membantu performa bisnis anda untuk melakukan branding usaha dan produk. silahkan hubungi kami melalui kontak di portal berita online ini