5 Alasan Anda Harus Tahu Pentingnya Pemasaran Digital

Dalam beberapa tahun terakhir, mengejar karier di bidang pemasaran digital telah menjadi salah satu pilihan yang paling populer. Kekuatan pemasaran digital terletak pada kemampuannya untuk menjangkau audiens target, meningkatkan penjualan, dan dengan demikian meningkatkan pendapatan.

Aug 8, 2024 11:00 · 3 bulan lalu
 14
5 Alasan Anda Harus Tahu Pentingnya Pemasaran Digital
ilustrasi, Kamu harus Paham Pentingnya Pemasaran Digital

Kita hidup di dunia di mana content is the king---konten adalah raja . jika kamu ingin melihat bisnismu menjadi sukses. Indonesia dapat dikatakan memiliki bekal yang sangat baik untuk menjadi negara dengan industri e-commerce terkemuka di masa depan. selain memiliki sumber daya manusia yang tak kalah bagus, pasar lokal juga menjadi potensi besar untuk mengembangkan e-commerce

Pada akhir tahun 2015, nilai bisnis e-commerce tanah air diprediksi sekitar USD 18 miliar. Pada tahun 2020, volume bisnis e-commerce di Indonesia diprediksi akan mencapai USD 130 miliar dengan angka pertumbuhan per tahun sekitar 50 persen. dan terus mengalami meningkatan sampai saat ini.

Dalam beberapa tahun terakhir, mengejar karier di bidang pemasaran digital telah menjadi salah satu pilihan yang paling populer. Kekuatan pemasaran digital terletak pada kemampuannya untuk menjangkau audiens target, meningkatkan penjualan, dan dengan demikian meningkatkan pendapatan. Melalui penggunaan berbagai strategi pemasaran digital seperti pemasaran konten, SEO dan PPC, dan pemasaran media sosial, pemasaran digital telah menjadi kekuatan dinamis yang mendorong bisnis menuju kesuksesan. 

Apa itu Pemasaran Digital?

Sebelum kita membahas pentingnya pemasaran digital , mari kita pahami apa itu pemasaran digital. Pemasaran digital adalah pemasaran. Seperti bentuk pemasaran lainnya, aturan dan prinsip yang sama berlaku untuk pemasaran digital, kecuali bahwa dalam pemasaran digital, bisnis menjangkau pelanggannya secara daring melalui mode digital. Pemasaran digital populer karena memungkinkan bisnis menjangkau pelanggan dengan mudah melalui media digital seperti media sosial, aplikasi web, email, mesin pencari, dan aplikasi seluler. 

Sederhananya, Pemasaran Digital adalah setiap iklan untuk merek atau layanan yang Anda lihat saat Anda membuka Google atau sekadar menggulir media sosial Anda. Selain itu, email promosi yang Anda terima tentang berbagai produk juga merupakan bagian dari strategi pemasaran digital . Influencer saat ini sedang menjadi tren dan ya, seorang influencer yang mempromosikan produk atau bisnis kecil kepada pengikut mereka melalui akun sosial mereka juga merupakan contoh tren pemasaran digital yang populer. 

Sekarang mari kita lihat alasan pentingnya pemasaran digital dalam lingkungan bisnis saat ini.

Faktor-Faktor yang Berkontribusi pada Pentingnya Pemasaran Digital

1. Jangkauan Lokal & Global yang Mudah

Akses lokal dan global yang mudah merupakan keuntungan utama pemasaran digital. Tidak seperti pemasaran tradisional yang memiliki keterbatasan geografis dan membutuhkan banyak tenaga kerja, uang, dan perencanaan untuk membuat kampanye pemasaran, pemasaran digital dapat dilakukan dengan sangat mudah dengan bantuan internet. Sebuah bisnis dapat menjangkau audiens yang sangat besar tidak hanya secara lokal tetapi juga internasional tanpa menghabiskan banyak uang atau melibatkan banyak tim. Bahkan pemilik usaha kecil dapat memamerkan dan mempromosikan bisnisnya kepada pelanggan internasional dengan toko online. Pentingnya pemasaran digital dibandingkan pemasaran tradisional meningkat secara signifikan oleh keuntungan ini. Penggabungan visibilitas dan jangkauan global merupakan peluang besar bagi bisnis apa pun, dan ini adalah sesuatu yang disediakan oleh pemasaran digital. Selain itu, SEO lokal adalah strategi pemasaran digital yang telah dicoba dan diuji yang digunakan oleh perusahaan untuk mendatangkan pelanggan lokal ke tempat mereka melalui iklan yang ditargetkan secara lokal. daerah yang dekat dengan tempat dimana usah itu di jalankan.

2. Solusi Pemasaran Hemat Biaya

Saat ini, sebagian besar bisnis dan perusahaan berfokus pada tujuan pemasaran yang berjangka panjang dan inilah sebabnya mereka ingin mendapatkan hasil yang lebih banyak dengan mengeluarkan biaya yang lebih sedikit. Hal ini menekankan pentingnya pemasaran digital , yang terjangkau. Strategi pemasaran digital seperti SEO (search engine optimization), manajemen konten, promosi media sosial, dll. berfungsi sebagai teknik investasi rendah yang membuatnya sangat terjangkau. Teknik pemasaran digital tertentu pada tingkat pemula sangat sederhana sehingga tidak memerlukan biaya. Strategi lain seperti SEM (Search Engine Marketing) yang memerlukan keahlian berbayar tetapi biayanya biasanya masih lebih rendah daripada teknik pemasaran tradisional. 

3. Pemantauan dan Pelacakan Kampanye yang Mudah Menghasilkan Optimalisasi yang Lebih Baik

Ini adalah aspek lain dari pentingnya pemasaran digital dalam lanskap pemasaran saat ini. Pemasaran digital membuat pelacakan dan pemantauan kampanye pemasaran menjadi lebih mudah namun lebih intensif dan terjangkau daripada pemasaran tradisional yang mengharuskan Anda mengeluarkan uang dan waktu untuk memastikan bahwa kampanye pemasaran berjalan dengan baik. Dalam pemasaran digital, laba atas investasi atau ROI dari suatu kampanye dilacak dengan mudah untuk menunjukkan apakah kampanye tersebut mendatangkan hasil yang berharga bagi bisnis. Pelacak dan indikator ini mencakup metrik seperti klik, suka, tayangan, komentar, bagikan, dan akhirnya konversi atau penjualan. 

4. Brand Awareness / Kesadaran Merek yang Efektif

Karena jangkauan global yang luas yang dimiliki kampanye pemasaran digital, bisnis dapat dengan mudah membangun kesadaran dan pengakuan. Kesadaran merek sangat penting jika bisnis ingin menarik pelanggan baru dan tumbuh sebagai merek. 

5. Penargetan yang Efektif

Perusahaan atau pemilik bisnis dapat memperoleh gambaran yang jelas tentang target audiens mereka dengan mengenali pentingnya pemasaran digital . Pemasaran digital memungkinkan bisnis untuk mengekstrak data guna memahami audiens mana yang paling sesuai dengan layanan atau produk Anda, lalu mengoptimalkan kampanye di sekitar audiens tersebut. Menargetkan pelanggan melalui media sosial dilakukan dengan menggunakan berbagai strategi pemasaran digital seperti SEO atau Search Engine Optimization, PPC (Pay Per Click) atau bayar per klik, dan informasi demografis di media sosial. Semua strategi dan elemen penargetan ini memastikan bahwa kampanye pemasaran yang dirancang khusus ini menjangkau audiens yang tepat. 

Kesimpulan

Di dunia dan zaman sekarang, pengetahuan tentang pentingnya pemasaran digital merupakan keharusan untuk membangun bisnis yang sukses, yang menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk mengejar karier di bidang pemasaran digitalIndustri pemasaran digital di India sedang berkembang pesat, dan jika Anda tertarik untuk fokus di bidang ini, silahkan berdiskusi mengenai Marketing Digital bersama Tim Info Baik Media. kami akan membantu performa bisnis anda untuk melakukan branding usaha dan produk. silahkan hubungi kami melalui kontak di portal berita online ini