Geliat Bisnis Kos-kosan Saat Pandemi

Meski sama-sama terdampak, Kostzy mampu mempertahankan occupancy-nya dengan pengalaman dan expertise di dunia kost.

May 11, 2022 07:13 · 2 tahun lalu
 343
Geliat Bisnis Kos-kosan Saat Pandemi
Bisnis Kos Saat Pandemi Covid-19

INFOBAIK.ID I BANDUNG,- Tak dapat dipungkiri, pandemi Covid-19 berdampak dan berimbas terhadap seluruh sektor, salah satunya bisnis kost. Salah satunya, dialami oleh perusahaan hospitality yang mengkhususkan untuk mengelola kost di Indonesia.

Survei membuktikan bahwa bisnis kost juga terdampak pandemi Covid-19. Occupancy kost turun hingga 50 persen, bahkan di area kampus menyentuh sampai angka 10 persen.

Kondisi ini tentunya membuat para pelaku bisnis kost terpuruk selama pandemi Covid-19. Namun, berbeda halnya dengan salah satu perusahaan hospitality, Kostzy yang mampu bertahan dengan kondisi tersebut.

Meski sama-sama terdampak, Kostzy mampu mempertahankan occupancy-nya dengan pengalaman dan expertise di dunia kost. Dalam catatannya saat kasus Covid-19 tinggi, occupancy Kostzy berada di angka 85 persen.

COO & Co-founder Kostzy Cung Cien mengaku kondisi occupancy Kostzy kian membaik setelah pemerintah menerapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Bahkan, occupancy kost-nya sampai di atas 95 persen.

"Dengan berbekal pengalaman, Kostzy menjadi salah satu perusahaan yang mampu eksis dan bertahan di tengah pandemi Covid-19 yang melanda tanah air,"kata Cung Cien kepada wartawan di Bandung, Selasa (10/5/2022)

Menurutnya, dengan pengalaman tersebut, Kostzy juga siap membantu mitra-mitra atau pemilik kost untuk menghadapi tantangan menjalankan bisnis kost di saat pandemi Covid-19 dan juga melakukan adaptasi dengan pesatnya perkembangan dunia digital saat ini.

"Di saat tersebut, kami hadir untuk membantu para owner melakukan transformasi digital, marketing yang lebih agresif dan pengelolaan dengan standar hospitality," katanya

Dia menjelaskan Kostzy menawarkan pengelolaan secara menyeluruh baik dari sisi marketing dan operasional yang memungkinkan para owner menjadikan bisnis kost sebagai pendapatan yang pasif. 

Sedangkan, pada sisi customer, yaitu mahasiswa/mahasiswi dan pekerja, kostzy menawarkan konsep co living-work-play dimana kost tidak hanya menjadi tempat untuk tidur, Melainkan juga untuk menjalani kehidupan sehari-hari.

"Sebagai anak rantau dengan memiliki suatu tempat yang bisa digunakan untuk WFH dan juga tempat untuk bermain dalam suatu komunitas bersama," ujarnya

"Kostzy menawarkan kepada anak kost sebuah komunitas kehidupan dimana mereka bisa mendapatkan teman/relasi, suasana WFH yang kondusif dan kegiatan kegiatan bersama yang menyenangkan seperti futsal bareng, webinar/training, acara makan bersama dan lain-lain," sambungnya

Cung Cien juga menjelaskan Kostzy memberikan keuntungan bagi anak kos berupa CoLiveWorkPlay, yaitu berupa tempat yang memiliki living standar lebih baik dan didukung dengan hospitality yang berada di dalam suatu komunitas yang mendukung dengan pengembangan diri baik secara personal maupun secara ekonomi. 

Sedangkan, untuk mitra pemilik kost, keuntungan yang didapat adalah suatu bisnis pasif income yang sesungguhnya dimana performance hasil penyewaan yang bisa diandalkan dan pengelolaan operasional yang tidak menghabiskan waktu pribadi dari mitra pemilik, 

"Selain passive income & care free-Kostzy menawarkan standardized hospitality & management serta Branding yang kuat,"pungkasnya