Jaringan XL Axiata Siap Hadapi Lonjakan Traffic Libur Natal dan Tahun Baru

Dec 21, 2022 17:50 · 2 tahun lalu
 84
Jaringan XL Axiata Siap Hadapi Lonjakan Traffic Libur Natal dan Tahun Baru
Pekerja XL Axiata


INFOBAIK.ID I BANDUNG,-
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) siap menghadapi lonjakan traffic saat Hari Raya Natal 2022 dan malam pergantian Tahun Baru 2023 yang mencapai dua hingga tiga kali lipat dibandingkan rata-rata  pada kondisi normal hari biasa.
 
Direktur dan Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan pihaknya memprediksi akan terjadi peningkatan traffic sekitar 25 persen dibandingkan trafik Natal dan tahun baru tahun lalu. 

Berdasarkan survei Kementerian Perhubungan (Kemenhub) 2022, diperkirakan akan ada potensi pergerakan sekitar 44,17 juta orang saat Natal dan tahun baru nanti, yang diprediksi akan ikut mendorong peningkatan trafik penggunaan layanan telekomunikasi dan data.

"Untuk memastikan pelanggan mendapatkan layanan yang terbaik, XL Axiata telah menyiapkan jaringan dengan kapasitas dua kali lipat lebih besar dari hari normal. Tim XL Axiata juga sudah mengidentifikasi kota-kota yang rawan dengan lonjakan traffic, termasuk juga destinasi wisata, pusat keramaian, serta area pemukiman," ujarnya.

"Tim XL Axiata juga sudah menyiapkan rekayasa pengalihan atau pemecahan trafik jika terjadi kepadatan di suatu area. Dengan demikian, lonjakan traffic di suatu lokasi tidak akan menyebabkan penurunan kualitas layanan kepada pelanggan," tambahnya.
 
Menurut Gede, area atau lokasi yang juga akan mengalami kenaikan traffic tinggi diperkirakan akan terjadi juga di beberapa kawasan yang menjadi jalur pergerakan pemudik. 

Tim teknis XL Axiata memperkirakan, pergerakan masif akan terkonsentrasi di jalur mudik via jalan tol Trans Jawa dan Trans Sumatera yang akan mengalami peningkatan trafik 10-20 persen. Begitu juga jalur non-tol, yaitu Pantura hingga Pansela. 

Dimulai pada malam pergantian tahun, peningkatan traffic diperkirakan akan turut terjadi di tempat-tempat wisata hingga ke pusat keramaian yang merayakan pergantian tahun, seiring dengan ramainya kampanye ajakan berwisata dalam negeri.
 
XL Axiata juga telah menyiapkan tidak kurang dari 65-unit mobile BTS (MBTS) di berbagai titik lokasi yang membutuhkan dukungan penguatan kualitas sinyal, terutama di wilayah Jawa Barat, Sumatera, dan Bali.

Titik-titik lokasi yang dimaksud antara lain meliputi jalur transportasi utama, lokasi tujuan wisata, pusat keramaian, hingga terminal bus, stasiun kereta, serta bandar udara.    
 
"Kami juga telah menyiapkan antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi accident yang tidak terduga, seperti misalnya banjir, gempa bumi, dan sebagainya yang sifatnya bencana, yang berpotensi menyebabkan putusnya pasokan listrik ke BTS-BTS," ujarnya.

"Untuk itu, tim kami di lapangan akan standby 24 jam selama masa libur ini, selain juga ada tim yang terus memantau kondisi jaringan di seluruh wilayah layanan XL Axiata melalui pusat monitoring kualitas layanan XL Axiata - Customer Experience and Service Operation Center (CE&SOC) yang berada di kantor pusat di Jakarta," tuturnya.

Lonjakan traffic antara lain terdorong oleh semakin intens-nya pelanggan dalam menggunakan berbagai layanan digital dengan kapasitas besar yang biasanya dimanfaatkan untuk mengisi masa libur panjang. Diperkirakan pelanggan akan banyak berkirim konten video atau foto, serta akses streaming, baik video, musik, serta game.

Media sosial juga diperkirakan akan menjadi sasaran pelanggan mengisi waktu liburan untuk berbagi meriahnya momen Natal dan Tahun Baru.   

Sementara itu, kota-kota yang diprediksi akan mengalami lonjakan traffic adalah yang juga menjadi tujuan berlibur masyarakat, antara lain Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Denpasar, hingga Surabaya.

Kenaikan traffic diperkirakan akan terjadi di area-area yang memiliki komunitas Nasrani cukup besar, seperti beberapa kota di Sulawesi Utara, Sumatera Utara, serta Nusa Tenggara Timur.