Telkomsel Secara Bertahap Upgrade Seluruh Layanan 3G ke 4G di 2022

Telkomsel berkomitmen untuk terus meningkatkan kenyamanan dan pengalaman pelanggan dalam mengadopsi gaya hidup digital dengan secara konsisten melakukan peningkatan kualitas dan pemerataan akses jaringan broadband terdepan di seluruh wilayah Indonesia

Feb 3, 2022 02:23 · 3 tahun lalu
 170
Telkomsel Secara Bertahap Upgrade Seluruh Layanan 3G ke 4G di 2022
Telkomsel Secara Bertahap Upgrade Seluruh Layanan 3G ke 4G di 2022 (Foto: Istimewa)

INFOBAIK I JAKARTA, Telkomsel berkomitmen untuk terus meningkatkan kenyamanan dan pengalaman pelanggan dalam mengadopsi gaya hidup digital dengan secara konsisten melakukan peningkatan kualitas dan pemerataan akses jaringan broadband terdepan di seluruh wilayah Indonesia. Mewujudkan hal tersebut, mulai 2022 ini Telkomsel secara bertahap dan terukur melakukan peningkatan/pengalihan (upgrade) layananjaringan 3G ke 4G/LTE di seluruh wilayah, sejalan dengan arahan pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI untuk pengkajian penghapusan layanan 3G dengan tetap mempertimbangkan kesiapan layanan 4G/LTE yang merata serta memperhatikan kepentingan masyarakat secara umum.

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syammengatakan, Tahun ini, Telkomsel akan melakukan percepatanupgradelayanan jaringan 3G ke 4G/LTEsebagai kelanjutan komitmen kami selaku leading digital telecommunication company, untuk terus membuka peluang lebih luas bagi seluruh lapisan masyarakat dalam menikmati akses jaringan berteknologi terdepan yang merata dan setara, guna mendukung beragam aktivitas digital yang lebihseamlessdan nyaman. Kami harap, langkah ini mampu mengoptimalkan lebih banyak potensi di berbagai wilayah melalui transformasi digital lintas sektor yang lebih terakselerasi, sehingga dapat memperkuat ekonomi digital nasional ke depan.Upgradeseluruh layanan 3G ke 4G/LTE inijuga menjadi bentuk dukungan terhadap upaya pemerintah dalam menghadirkan konektivitas digital dengan kualitas prima yang meratahingga pelosoknegeri.

Telkomsel juga memastikan bahwa proses upgrade layanan 3G ke 4G/LTE ini telah melalui tahap pengkajian, perencanaan serta persiapan yang matang. Hal tersebut mencakup kesiapan infrastruktur dan teknologi, jaminan kenyamanan pelanggan selama proses upgrade berlangsung, hingga kesesuaian dengan perundangan di sektor telekomunikasi dan perlindungan konsumen, yang berlaku di Indonesia. Untuk itu, Telkomsel secara berkala telah berkomunikasi dan berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan terkait,mulai dari Kemkominfo RI, hingga lembaga/institusi konsumen seperti Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) hinggaYayasan Lembaga Konsumen Indonesia(YLKI).

Direktur Network Telkomsel Nugroho menambahkan, Telkomsel telah mempersiapkan seluruh action planmulai dari persiapan teknis, sosialisasi kepada pelanggan, hingga tahapan mitigasi dengan optimal, guna memastikan proses upgrade layanan 3G ke 4G/LTE secara bertahap dan terukur diseluruh wilayahdi Indonesia dapat berjalan baik,termasuk prioritas meminimalisir potensi gangguan. Standar QoS(quality of service)juga terusakan diupayakan terjaga guna memenuhi standar aturan yang berlaku agar kenyamanan pelanggan tetap terjaga. Berbagai persiapan tersebut kami lakukan sebagai bentuk komitmen Telkomsel sebagaiconnectivity enabler yang akan terus berupaya mengimplementasikan penerapan teknologi jaringan broadband terdepan di setiap fase kehidupan secara berkelanjutan sesuai dengan roadmap transformasi perusahaan.

Nugroholebih lanjut menjelaskan, dengan menggunakan layanan 4G/LTE, untuk pelanggan ritel (B2C) dapat menikmati pengalaman aktivitas digital yang lebih baik dibandingkan dengan layanan 3G, sepertistreaming video dan music digital,video conference, bermain game online, hingga layanan VoLTE yang akan memberikan pengalaman yang berbeda ketika menikmati layanan voice dan broadband secara bersamaan. Untuk itu, prosesupgradinglayanan 3G ke 4G/LTE secara bertahap dan terukur ini juga akan diprioritaskan percepatannya di wilayah yang sudah memiliki pemanfaatan layanan 4G/LTE yang merata dan matang.

Seiringdengan dilakukannyaupgradelayanan tersebut,Telkomselmengajak para pelanggan yang saat ini masih menggunakan layanan 3G untuk segera beralih ke layanan 4G/LTE. Untuk itu, Telkomsel siap membantu kemudahan pelangganuntukpercepatan migrasi layanan. Telkomsel memberikan ragam pilihan saluran bagi pelanggan dalam melakukanupgradekartu SIM non 4G ke uSIM 4G, baik secaraonlinemaupunofflineyang dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.Padachannel online, pelanggan dapat mengakses akun resmi Telkomsel di Facebook dan Twitter sertalayananVirtual AssistantTelkomsel untuk mendapatkan pelayananupgradekeuSIM 4G,atau melalui layanan mitrae-commerce(Shopee, Bukalapak, Tokopedia, danJD.ID).Pelanggan juga dapat langsung mengunjungi GraPARI atau layanan MyGraPARI terdekat untuk melakukanupgradeke uSIM 4G secaraoffline.

Selain itu, Telkomsel jugamenyediakan beragam program dan produk menarik, mulai dari paket kuota data 4G yang terjangkau, tambahan kuota 4G hingga 30GB untuk pelanggan yang telah melakukan penukaran kartu non 4G ke kartu 4G (uSIM), hingga paketbundling device4G terkini. Bagi pelanggan yang ingin melakukan migrasi ke uSIM 4G bisa terlebih dahulu melakukan pengecekan terhadap ketersediaan jaringan 4G di wilayahnya dan dukungan 4G pada perangkat yang digunakan. Pengecekan dapat dilakukan dengan mudah melalui USSD Menu Browser (UMB) di *888*47#. Informasi lebih lanjut mengenai program Tukar Kartu ke 4G bisa diakses ditsel.me/tukarkartu4g.

Sedangkan bagi pelanggan Telkomsel dari segmen industri danenterprise, pemanfaatan layanan 4G/LTE secara utuh akan semakin menguatkan transformasi digital yang dilakukan, yang akan mendorong peningkatan produktivitas dan efisiensi perusahaan dan menghadirkan solusi layanan dengan dukungan teknologi digital bernilai lebih, sehingga dapat mempercepat penerapan Industry 4.0 di Indonesia.

Kami juga berharap dukungan seluruh pihak dan pemangku kepentingan terkait dalam membantu prosesupgradelayanan 3G ke 4G/LTE ini. Kolaborasi dengan pemerintah, para mitra pendukung seperti mitra infrastruktur, mitra teknologi hingga mitra penyedia device juga akan semakin membantu percepatan adopsi dan adaptasi layanan 4G/LTE secara lebih inklusif dan merata, di seluruh pelosok negeri, kata Hendri menutup.