Trafik Layanan Data Telkomsel Naik 21 Persen Selama Ramadhan dan Idul Fitri 2022

Seluruh aktivitas digital pelanggan tersebut turut berkontribusi dalam pertumbuhan trafik penggunaan layanan data selama RAFI 2022 di sejumlah wilayah dibandingkan hari biasa.

May 10, 2022 07:39 · 2 tahun lalu
 147
Trafik Layanan Data Telkomsel Naik 21 Persen Selama Ramadhan dan Idul Fitri 2022
BTS Telkomsel

INFOBAIK.ID I JAKARTA,- Selama momen Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri (RAFI) tahun 2022, Telkomsel mencatat adanya lonjakan trafik layanan data hingga 45,1 Petabyte (PB), atau tumbih 21 persena dibanding momen yang sama tahun sebelumnya.

Vice President Corporate Communcatons Telkomsel, Saki Hamsat mengungkapkan, di masa pandemi yang sudah berlangsung selama dua tahun terakhir tercatat adanya lonjakan trafik layanan data pada periode Lebaran tahun ini sebesar 21 persen dibanding periode RAFI tahun lalu, atau 9 persen dibanding hari biasa.

“Di sisi lain, untuk layanan SMS dan panggilan suara (voice) di momen Ramadan dan Idul Fitri 2022 masing-masing mengalami penurunan sebesar 31 persen dibanding dengan periode tahun sebelumnya,” kata Saki, Senin (9/5/2022).

Lonjakan trafik komunikasi layanan data dan digital selama periode RAFI 2022 tersebut didorong dengan tumbuhnya aktivitas digital pelanggan yang meliputi akses layanan communication yang naik mencapai 21 persen, mobile gaming melonjak hingga 17 persen, streaming video sekira 16 persen, dan akses media sosial yang meningkat 3 persen, dibandingkan hari biasa. Sedangkan untuk akses layanan e-commerce mengalami penurunan sekitar 38 persen diikuti aktivitas browsing yangjuga berkurang 7 persen.

“Telkomsel juga mencatat adanya peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi atau platform favorit seperti WhatsApp tumbuh 35 persen, Tio Tok naik 16 persen, Instargam naik 15 persen, YouTube melonjak 13 persen dan Facebook juga naik 1 persen,” ungkapnya

Seluruh aktivitas digital pelanggan tersebut turut berkontribusi dalam pertumbuhan trafik penggunaan layanan data selama RAFI 2022 di sejumlah wilayah dibandingkan hari biasa.Seperti di wilayah operasional Kabupaten Tasikmalaya naik 43 persen, Kabupaten Garut 34 persen, Kabupaten Cilacap 50 persen, Kabupaten Cirebon 28 persen Kabupaten Ciamis tumbuh 42 persen.

“Kami sangat bersyukur dapat kembali mengoptimalkan seluruh aset ekosistem perusahaan dimiliki untuk memberikan pengalaman aktivitas digital bagi seluruh pelanggan selama momen Ramadan dan Idul Fitri tahun ini,” pungkasnya