Tutorial 6 Rumus Dasar Excel, Banyak Digunakan Dunia Kerja 4.0

berikut rumus-rumus dasar excel beserta tutorial penggunaannya di dunia kerja:

Jul 9, 2024 08:00 · 4 bulan lalu
 366
Tutorial 6 Rumus Dasar Excel, Banyak Digunakan Dunia Kerja 4.0
Excel

Merangkum laman DQLab Universitas Multimedia Nusantara, berikut rumus-rumus dasar excel beserta tutorial penggunaannya di dunia kerja:

1. Average

Average merupakan salah satu rumus dasar Excel yang digunakan untuk menghitung rata-rata nilai data yang ada di kolom Excel. Sederhananya, rumus average yaitu menghitung nilai kelompok data dibagi dengan banyaknya data.

Penulisan fungsi average yaitu:

=AVERAGE(number1, number 2,...)

atau cara cepatnya kamu bisa blok rage data yang ingin dihitung nilai rata-ratanya dan isikan di fungsi AVERAGE.

2. SUM

Terdapat berbagai cara untuk menggunakan rumus SUM, cara penggunaannya dengan menggunakan tanda tambah ‘+’= untuk setiap cell yang ingin dijumlahkan.

Cara mudah untuk menggunakan rumus SUM adalah:

=SUM(angka1, angka2, …)

atau bisa dengan cara cepatnya yaitu: 
SUM(drag_cell_yang_ingin_dijumlahkan).

3  MIN & MAX

Sesuai dengan artinya, fungsi MIN digunakan untuk mencari nilai minimum dalam kumpulan data dan fungsi MAX untuk mengetahui nilai maximum pada suatu kumpulan data. Pada penulisan fungsi MIN yaitu:

=MIN(number1, number2,...) di mana number1, number2 merupakan range data yang akan dicari nilai terendahnya.


4. Vlookup

Rumus Vlookup atau singkatan dari Vertical Lookup merupakan rumus excel yang digunakan untuk mencari suatu item dalam kolom lalu mengambil nilai yang ada di kolom lain pada tabel. Sederhananya, rumus Vlookup berfungsi untuk mencocokan data yang ada dari dua daftar.

Biasanya Vlookup sering digunakan oleh perkantoran karena dapat membantu menemukan data, misalnya seperti data nomor karyawan dan data kantor cabangnya. Berikut rumus yang digunakan:

=VLOOKUP(value, range, nomo_kolom, [true or false])