Warga Apresiasi Bank Sampah Katumbiri

Program berkelanjutan TJSL PLN berupa pengelolaan Bank Sampah, berkontribusi dalam penanganan permasalahan sampah di masyarakat sekaligus mendukung pemerintah dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals poin 12, yaitu pola konsumsi dan produksi yang berkelanjutan.

Feb 21, 2022 22:06 · 3 tahun lalu
 224
Warga Apresiasi Bank Sampah Katumbiri
Bank Sampai Katumbiri

INFOBAIK.ID I BOGOR,-

Program berkelanjutan TJSL PLN berupa pengelolaan Bank Sampah, berkontribusi dalam penanganan permasalahan sampah di masyarakat sekaligus mendukung pemerintah dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals poin 12, yaitu pola konsumsi dan produksi yang berkelanjutan.

Iman Sudirman, Ketua Bank Sampah Katumbiri, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada PLN atas bantuan yang telah diberikan karena sangat bermanfaat bagi masyarakat desa Batulayang dan kelangsungan Bank Sampah Katumbiri khususnya .  

"Kami sangat terbantu oleh PLN. Saat awal berdiri, dulu kami ambil sampah dari warga pakai roda gerobak. Sekarang kita punya motor roda tiga dari PLN untuk mengangkut sampah. Jadi lebih simpel dan mudah,” ujarnya saat Agung Wicaksono, Manajer Sub Bidang Keuangan, Komunikasi dan Umum PLN UP3 Bogor mengunjungi pelaksanaan pengelolaan sampah hari ini (21/02) yang bertepatan dengan hari peduli sampah nasional .

Alat-alat bantuan PLN lainnya yaitu mesin insenerator dan tong pengelolahan sampah organic. Mesin insenerator sangat mendukung pengelolaan sampah dari nasabah. Mesin ini berfungsi untuk mengolah sampah plastik menjadi bijih2 plastik yg bisa dijual dan bernilai, sehingga dapat meningkatkan jumlah rupiah tabungan sampah masyarakat, yg nantinya digunakan utk pembayaran rek listrik atau utk hal lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa Bank Sampah Katumbiri mampu memanfaatkan listrik untuk kegiatan produktif.

Tong pengelolahan sampah organic sangat membantu dalam pengelolaan sampah rumah tangga warga. Dengan adanya tong tersebut, warga dapat langsung berpartisipasi aktif dalam pengurangan penumpukan sampah di TPA, menjaga lingkungan, sekaligus meningkatkan perekonomiannya dengan menukarkan sampahnya.  

Bank Sampah Katumbiri hingga kini telah memiliki 105 nasabah dengan peserta didominasi oleh ibu-ibu dari desa sekitar. Menurut Iman, para nasabah Bank Sampah sangat antusias bertransaksi di Bank Sampah. Bahkan biasanya mereka sampai antri di hari Sabtu dan Minggu untuk melakukan penukaran sampah. Saat ini Bank Sampah Katumbiri telah memiliki 2 Kantor Cabang Pembantu (KCP) di daerah Desa Wisata Batulayang dan RW 4 Batulayang. 

Selain pengolahan sampah, Bank Sampah Katumbiri juga memberikan edukasi kepada masyarakat sekitar antara lain dengan turut mengajak masyarakat berpartisipasi untuk ikut agenda Gebrak Ciliwung atau Gerakan Budaya Raksa Ciwilung. Program tersebut merupakan program revitalisasi Sungai Ciliwung dengan membersihkan sampah disekitaran sungai. 

“Kami biasanya mengadakan kegiatan edukasi setiap 3 (tiga) bulan sekali ke masyarakat sekitar dan sosialisasi ke masyarakat di Desa Batulayang yang terdiri dari 22 RT dan 4 RW minimal 2 kali sebulan. PLN pun berperan dalam kegiatan ini dengan memberikan sarana laptop, infocus dan sound system,” pungkas Imam.

Iman menambahkan, berkat bantuan dan dukungan PLN, mereka kini juga memiliki instalasi listrik dan computer sendiri sehingga pendataan lebih tertib dan rapi serta membuat buku tabungan untuk nasabah sendiri dimana dulu mereka harus pesan ke percetakan.

Iman berharap PLN dapat terus memberikan bantuannya,"Kami berharap bantuan dari PLN dapat berkelanjutan, sebagai bentuk dukungan kepada kami juga kepada lingkungan dengan mengelola sampah menjadi bermanfaat dan bernilai guna. Semoga PLN semakin sukses."

Iwan Ridwan, Manager Sub Bidang Komunikasi PLN UID Jabar menjelaskan, PT PLN (Persero) melalui PLN UID Jawa Barat telah memberikan bantuan kepada Bank Sampah “Katumbiri” Ecovillage Desa Batulayang Kabupaten Bogor selama tahun 2020 dan 2021. Pemberian bantuan tersebut merupakan wujud nyata komitmen dan kepedulian PLN terhadap lingkungan. 

Menurutnya, permasalahan sampah merupakan milik bersama sehingga perlu adanya solusi terutama dalam pengelolaan sampah limbah rumah tangga. Bila tidak cepat ditangani secara benar sampah dapat berdampak negatif seperti pencemaran air kali, air tanah, udara, tanah, dan sumber penyakit. Olehkarena itu, Iwan sangat bersyukur pengelolaan Bank sampah katumbiri berjalan dengan baik dan bantuan dari PLN bermanfaat.

“Saya sangat gembira Bank Sampah Katumbiri dan warga desa Batulayang mendapatkan banyak manfaat dari program bantuan PLN. Semoga Bank Sampah katumbiri semakin tumbuh berkembang dan nasabahnya pun semakin banyak sehingga lingkungan semakin sehat dan asri,” terang Iwan