Kesigapan Tim Ambulans Gojek Bikin Salut

Feb 11, 2023 15:00 · 2 tahun lalu
 70
Kesigapan Tim Ambulans Gojek Bikin Salut
Postingan akun @dramaojol.id yang tunjukkan kesigapan Unit Reaksi Cepat (URC) Gojek

INFOBAIK.ID I JAKARTA,-Beberapa waktu lalu beredar kisah viral di media sosial terkait dengan mitra driver salah satu aplikator angkutan online di Makassar yang mengalami kecelakaan. Diketahui kecelakaan pada Januari 2023 lalu ini terjadi akibat pengendara motor yang secara tiba-tiba menabrak dirinya dari belakang hingga terjatuh.

Dilansir dari postingan viral di akun @dramaojol.id, mitra driver tersebut langsung mengganti jaket aplikatornya dengan jaket Gojek. Hal ini ia lakukan demi mendapat akses pertolongan cepat tanggap dari tim Unit Reaksi Cepat (URC) Gojek yang siap sedia selama 24 jam.

Kesigapan tim ambulans URC dalam membantu mitra driver yang mengalami kecelakaan pun banjir apresiasi dari netizen.

"Salut bgt sih sama abang2 gojek ini, inget sebulan lalu sodara jg kecelakaan tengah malem. Yg hub ambulancenya gojek," tulis pemilik akun ibu.tia dikutip postingan Instagram, Jumat (3/2/2023).
"Wah Gojek mantap, bintang seribu ini mah" komentar pemilik akun _jodohmu17.

Sementara itu, Senior Vice President of Corporate Affairs Gojek Rubi W. Purnomo menyampaikan perlindungan dan kenyamanan bagi seluruh pihak, termasuk mitra driver dan pelanggan merupakan hal utama dalam ekosistem Gojek.

"Selain berbagai fitur keamanan dan Satgas Gojek, secara proaktif, kami memberikan berbagai pelatihan dan inovasi untuk memastikan keamanan dan kenyamanan selama menggunakan layanan Gojek," tuturnya.

Lebih lanjut, Rubi juga menjelaskan terkait dengan tiga pilar dalam payung #AmanBersamaGojek yang menjadi bukti terkait dengan komitmen Gojek dalam menjamin keamanan dan kenyamanan baik bagi mitra driver dan pelanggan.

1. Pilar Edukasi

Gojek juga rutin memberikan edukasi bagi para mitra driver dalam bentuk ragam pelatihan yang akan membekali mitra driver dengan beragam keterampilan yang dapat mendukung keseharian mereka dalam melayani pelanggan seperti keselamatan berkendara dan layanan prima.

Dalam pelatihan-pelatihan tersebut Gojek turut berkolaborasi dengan pihak-pihak yang berkompeten pada bidangnya. Hal tersebut bertujuan untuk memperkokoh pilar pencegahan melalui edukasi mitra. Sebagai contoh, sejak tahun 2019 Gojek telah bekerja sama dengan Rifat Drive Labs besutan pembalap legendaris Indonesia, Rifat Sungkar untuk mengadakan Pelatihan Aman Berkendara bagi mitra driver.

Selain itu, Gojek juga aktif memberikan pelatihan yang dapat membekali para mitra driver dengan berbagai keterampilan yang dapat membekali mereka untuk menjadi pelopor keamanan di ruang publik seperti Pelatihan Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K) untuk mitra driver dan Pelatihan Anti Pelecehan Seksual melalui pelatihan Bengkel Belajar Mitra (BBM).

Kedua pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mitra driver mengenai apa yang dapat dilakukan untuk membantu jika terjadi kecelakaan maupun pelecehan di ruang publik. Ragam pelatihan tersebut sudah berjalan dari tahun 2019 dan dilakukan secara tatap muka.


Sejak 2019 Kelas Bengkel Belajar Mitra (BBM) seperti Pelatihan Anti Pelecehan Seksual dan P3K rutin digelar Gojek kepada para mitra driver. Foto: Gojek

Selama pandemi pelatihan-pelatihan tersebut tetap dapat dijangkau oleh para mitra melalui inovasi modul online yang biasa disebut sebagai Tips Pintar. Modul pembelajaran online tersebut mencangkup berbagai materi pelatihan dari Gojek yang dapat diakses dengan mudah melalui aplikasi mitra. Sejak pertama kali diluncurkan, Tips Pintar telah diakses sebanyak 14 juta kali oleh hampir dari 1 juta mitra di seluruh Indonesia.

2. Pilar Teknologi


Fitur tombol darurat hadirkan proteksi bagi pelanggan dan mitra driver yang terhubung dengan Unit Darurat yang siaga 24/7 Foto: Gojek
Di sisi lain, Gojek juga menggencarkan inovasi teknologi yang dapat meningkatkan keamanan bagi mitra driver dan juga pelanggan dengan menghadirkan berbagai fitur yang diperuntukkan bagi keduanya serta dapat digunakan dengan mudah.

Fitur-fitur keamanan bagi mitra driver berfungsi untuk menciptakan keamanan bagi para mitra driver selama melakukan pekerjaannya. Ragam fitur tersebut mencakup Notifikasi Peringatan Kecepatan jika driver melebihi batas kecepatan maksimal. Selain itu, terdapat pula sistem Rating Dua Arah, dan Tombol Darurat yang dapat diakses oleh mitra driver dan pelanggan yang terhubung ke unit darurat selama 24/7.

Tidak hanya bagi mitra driver, Gojek juga menyediakan fitur untuk menciptakan fitur keamanan bagi pelanggan yang bisa ditemukan saat pelanggan sudah on-trip.

Salah satunya fitur Bagikan Perjalanan, yang memungkinkan pengguna untuk membagikan informasi kepada kerabat. Informasi tersebut mencakup lokasi penjemputan dan pengantaran, informasi mengenai driver dan kendaraannya, status perjalanan dan estimasi waktu tempuh, hingga jalur yang dipilih driver dalam perjalanannya. Untuk menggunakan fitur ini, pengguna cukup klik tombol 'bagikan perjalanan', dan informasi tersebut bisa dibagikan secara otomatis melalui aplikasi pesan instan.

3. Pilar Proteksi


Layanan ambulans yang menjadi bagian dari Unit Reaksi Cepat (URC) Gojek yang siap sedia berikan pertolongan terhadap mitra dan masyarakat umum selama 24 jam Foto: Gojek
Layanan ambulans yang menjadi bagian dari Unit Reaksi Cepat (URC) Gojek yang siap sedia berikan pertolongan terhadap mitra dan masyarakat umum selama 24 jam

Langkah terakhir yakni pada pilar Proteksi. Gojek selalu berupaya untuk memberikan perlindungan menyeluruh bagi mitra driver dan pelanggan melalui berbagai macam perlindungan baik yang bersifat preventif serta tambahan untuk mengurangi dampak resiko.

Menariknya lagi, Gojek juga memiliki komunitas yang asalnya murni dari inisiatif mitra driver, yaitu Unit Reaksi Cepat (URC) Gojek yang akhirnya dibina oleh Gojek untuk memberikan pertolongan terhadap masyarakat dan rutin mengadakan penyuluhan mengenai P3K untuk teman-teman mitra dan publik. Sejak 2019, URC juga menyediakan layanan ambulans gawat darurat yang siap siaga 24 jam untuk memberikan bantuan bagi mitra driver dan pelanggan yang membutuhkan pertolongan darurat.

Selain proteksi bagi mitra driver, Gojek juga menyediakan pilar proteksi bagi pelanggan dengan memberikan perlindungan asuransi tambahan dalam seluruh perjalanan menggunakan GoRide dan GoCar dengan manfaat hingga Rp 350 juta bertajuk PerjalananAman+. Tim layanan pelanggan juga
selalu siap siaga selama 24 jam yang dapat diakses baik oleh pelanggan dan mitra driver.