4.900 Hewan Ternak di Garut Sembuh PMK

Nov 12, 2022 09:47 · 2 tahun lalu
 154
4.900 Hewan Ternak di Garut Sembuh PMK
Hewan ternak Sapi /Tribunnews

INFOBAIK.ID I KAB GARUT,-

Kepala Diskanak Garut, Sofyan Yani, menyampaikan, saat ini kasus PMK di Kabupaten  Garut masih bertambah namun terkendali berkat adanya penanganan yang profesional. Ia mengungkapkan bahwa jumlah kasus PMK di Kabupaten Garut saat ini kurang lebih 6.390 kasus, di mana 4.900 ternak dinyatakan telah sembuh dari PMK.

“Dan tentunya ini tetap dikendalikan, diobati, kemudian dijaga lalu lintasnya, lakukan biosecurity. Tapi yang terpenting sekarang itu tahap kegiatan vaksinasi, vaksinasi ini belum 100% karena memerlukan waktu, karena tempatnya, lokasinya yang berjauhan ini kita baru di sekitar 60%,” kata Sofyan usai menghadiri Rapat Koordinasi Penanggulangan PMK di Kabupaten Garut, Kamis (3/11/2022)

Pemkab Garut juga menargetkan vaksinasi ternak di Kabupaten Garut sebanyak 27.000 dosis, di mana baru terlaksana 1.100 dosis untuk vaksin pertama, dan 3.400 dosis untuk vaksin kedua.

Sementara untuk bantuan dana kerohiman, ia memaparkan bahwa bantuan kerohiman ini bertujuan agar peternak bisa kembali beternak setelah sebelumnya dirugikan karena wabah PMK.

“Untuk yang sapi besar Rp5 juta per ekor. Untuk sapi anak Rp3 juta, dan domba Rp1 juta, sudah di berikan tadi secara simbolis sudah di sampaikan pada mereka, diharapkan mereka bisa bergeliat lagi berternak lagi,” pungkasnya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memastikan penanganan terhadap infeksi virus PMK di Jabar dilakukan dengan maksimal. Salah satunya dengan mempercepat vaksinasi.